Tujuh

Assalamualaikum Wr Wb.

Apa kabar temankb sekalian? Semoga baik-baik saja yaa..

Tidak terasa, tanggal 16 oktober 2016 ini, usia blog tentangkb.com sudah memasuki usia 7 tahun. Pas buat masuk SD kalo anak anak mah. Selama tujuh tahun ini, banyak hal yang sudah dilalui blog tentangkb. Dari mulai beralamat di http://www.tentangkb.wordpress.com sampai bertransformasi menjadi tentangkb.com.

Saya tidak pernah menyangka bahwa blog ini akan tumbuh dengan pembaca yang setiap harinya di atas 1000 viewer. Padahal, awal saya membuat blog ini hanyalah untuk mengumpulkan tulisan-tulisan saya seputar alat kontrasepsi yang berceceran di blog Kompasiana dan blog pribadi saya (hadisome). Namun, di luar perkiraan saya, ternyata malah blog tentangkb lah yang tumbuh dengan pesat dibanding blog hadisome dan blog saya di kompasiana.

Secara statistik, pengunjung blog ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada awal terbentuk di tahun 2009, blog ini hanya dikunjungi oleh 989 viewer saja. Dan meningkat menjadi 21.154 viewer di tahun keduanya. Tahun 2011 atau tahun ketiga, meningkat lagi ke angka 64.087 viewers. Dan semakin meningkat di tahun 2012 menjadi 190.713 viewer. Dan terus meningkat dari tahun ke tahun. (2013: 252.382 viewer, 2014: 286.971 viewer, 2015: 372.275 viewer). Bahkan di 2016 ini, hingga bulan oktober saja sudah 281.968 viewer. Sebuah pencapaian yang luar biasa buat saya. Puji Syukur Alhamdulillah.

pamer1
viewer tentangkb.com
tentangkb
Indonesia, US, Malaysia, bahkan Brazil.

Jujur saja, dalam mengelola blog ini, saya sering kewalahan. Temankb bisa melihat sendiri, betapa jarangnya saya posting artikel di blog ini. Padahal domain blog ini sekarang berbayar ke pihak wordpress. Sebenarnya rugi sih kalo saya nggak posting artikel. Tapi, ya apa boleh buat, karena saya mengelola blog ini sendirian dan hanya dikelola di kala senggang, jadinya postingan artikel tidak mengalami kemajuan. Dalam setaun, jumlah artikelnya hanya bisa diitung jari. Tidak lebih dari 15 postingan sepertinya.

Meskipun kewalahan, saya tetap berusaha untuk menjawab pertanyaan temankb sekalian. Meskipun pertanyaan bulan kapan, baru dijawab bulan kapan, tapi saya tetap berupaya untuk selalu memberikan pelayanan prima (cieeee, jiga nu enya) dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di kolom komentar. Bahkan tak jarang saya harus googling dulu untuk menjawab pertanyaan anda sekalian. Mengingat keterbatasan pengetahuan saya, terutama yang berkaitan dengan permasalahan kesehatan reproduksi perempuan.

Selain itu, beberapa tahun lalu, atas kebaikan seorang dokter ginekolog dari RS Siloam Tangerang, saya menjawab pertanyaan-pertanyaan temankb dengan mengkonsultasikannya terlebih dahulu ke Pak Dokter. Tapi karena sayanya malu ngerepotin terus ke dokter tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan temankb yang sudah menjurus ke arah permasalahan medis. Bukan sombong atau gimana. Saya merasa tidak memiliki kapasitas sebagai orang medis, makanya saya tidak berani menjawab pertanyaan-pertanyaan berupa konsultasi medis.

Cerita lainnya adalah ‘dicatutnya’ salah satu artikel saya di blog ini oleh media internal salah satu direktorat BKKBN. Dan saya baru tahu tulisan saya dicatut untuk diterbitkan media internal tersebut setelah tiga tahun media tersebut terbit. Majalahnya aja udah berdebu, kok saya ya baru tau? Kuper sekali ya hahaha.

Bukan hanya artikel, foto saya yang sudah saya kasih watermark juga ikutan dicatut hahaha. Tapi gak masalah sih, toh yang nyatut kantor pusat. Hanya saja, yang sedikit saya sayangkan adalah tidak adanya permintaan ijin untuk menayangkan ulang tulisan saya untuk dicetak di medianya. Padahal jaman sebegini canggih, rasanya tidak susah berkomunikasi dengan saya. Lewat kolom komentar sekalipun,pasti saya jawab. Dan yang pasti bakal saya ijinkan. Paling syaratnya Cuma meminta agar alamat blog ini dicantumkan. Begitu saja. Tapi gapapalah, itung-itung berbakti kepada bangsa dan negara melalui tulisan yang dicantumkan di media direktorat tersebut hehehe. Case closed ya fren ditjalsus.

“Artikel dan Foto-foto saya yang diambil media internal ini”

Selain cerita-cerita tersebut, selama 7 tahun perjalanan blog tentangkb adalah bulukannya blog ini selama dua tahun. Ini terjadi karena waktu itu saya tidak bisa membagi waktu untuk blogging. Waktu saya terbagi hanya untuk urusan pekerjaan dan study saya saja. Efeknya, hampir lima ratusan komentar dan pertanyaan tidak termoderasi dan tidak terjawab. Meskipun saya mulai mencicil untuk menjawab komen-komen tersebut, tetap saja hingga saat ini masih bersisa 480-an komen yang ‘sepertinya-jawaban-saya-menjadi-basi-kalo -komentar-tersebut-tetap-saya-jawab.’

Tujuh tahun bukanlah usia yang sebentar. Dan angka-angka statistik di atas bukanlah angka yang besar. Tapi saya bersyukur karena bentuk SSR saya ternyata direspon dengan baik oleh temankb sekalian. Ya da aku mah apa atuh, selebloher bukan, artis juga bukan. Jadi dapet pengunjung segitu aja udah bahagia banget. Hahahaha….

Alhamdulillah, 16 oktober nanti, usia blog ini akan memasuki angka tujuh. seven year of dedication gitu deh (cieelah, gaya amat). Semoga blog ini senantiasa memberikan manfaat buat siapapun pencari informasi seputar Keluarga Berencana. Dan Alhamdulillah, sejak setahun lalu, atas kebaikan seorang donatur saya membeli domain ke pihak wordpress seharga 18 USD per tahun. Hal ini dilakukan semata-mata untuk memudahkan pengunjung setia blog tentangkb dalam menginput alamat blog tentangkb. Biar gak kepanjangan gitu lah, dan biar mudah diingat. Masih atas kebaikan donatur itu pula, tahun ini blog tentangkb masih beralamat di alamat domain yang sama. Terima kasih donatur baik hati.

Pernah ada yang berkomentar langsung kepada saya begini: kenapa tidak cari sponsor saja untuk blog tentangkb? Emm, gimana ya. Bukan gak mau, saya sih bersyukur kalo ada yang mau jadi sponsor. Tapi yaa, sayanya gaptek, mau gimana? Saya gak tau caranya masang google adsense hahaha. Selain itu, blog ini saya niatkan sebagai salah satu SSR saya sih, hehehe. (SSR: Self Social Responsibility – ngok, gaya amat Bahasa lo hahaha).

Oya, 16 Oktober 2009 saya jadikan sebagai hari kelahiran blog tentangkb.com karena tanggal tersebut adalah hari dimana saya pertama kali mendaftarkan nama tentangkb di blog wordpress sekaligus sebagai hari pertama saya memposting ulang tulisan saya yang berceceran di kompasiana.

Maka dari itu, saya ucapkan terima kasih juga buat blog kompasiana yang secara tidak langsung turut andil dalam melahirkan blog ini. Terima kasih juga buat para pembaca yang selalu berkunjung (hingga saya menulis ini, sudah ada 1.470.434 orang pengunjung). Terima kasih juga kepada 3.254 follower blog tentangkb, dan juga kepada para komentator yang selalu bertanya dengan pertanyaan-pertanyaan ajaib yang membuat saya berupaya untuk terus belajar dan belajar lagi. Terima kasih semuanya.

Selamat ulang tahun blog tentangkb. Semoga selalu memberikan manfaat.

Wassalamualaikum wr wb.

BDG-13OKT2016

Iklan

2 thoughts on “Tujuh

  1. assalamualaikum pak, salam kenal dari Kotawaringin Timur – Sampit Kalimantan Tengah, saya sangat senang menemukan blog ini, karena sangat informatif dan menambah pengetahuan saya sebagai PLKB baru dengan status tenaga kontrak daerah. saya sangat bersyukur dan bahagia dengan pekerjaan saya saat ini, sehingga saya rasa saya harus tahu banyak hal dan blog ini sangat membantu saya. Terimakasih pak.:)

    1. Waalaikum salam.
      Halo mbak Febi. Selamat datang di lingkungan BKKBN. Selamat berjuang di Lapangan yaa.. semoga informasi yang saya berikan di blog ini bisa memberi manfaat buat mbak Febi dan teman2 di Kalteng ya. Semangat…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s