Efek Samping Pemasangan IUD

Assalamualaikum wr wb.

Melanjutkan bahasan tentang efek samping dan komplikasi lagi ya. Sebelumnya saya pernah menulis tentang efek samping dari tubektomi dan vasektomi di sini. Nah kali ini, saya lanjutkan dengan efek samping dan komplikasi dari IUD. Selamat membaca.

-HS-

Sebagai alat kontrasepsi buatan, tentu saja IUD memiliki efek samping ketika dipasangkan pada Rahim. Efek samping IUD ini di antaranya adalah adanya gangguan haid, yakni munculnya perdarahan (spotting) di antara masa haid. Selain itu adanya Keputihan yang berwarna, berbau, dan menyebabkan gatal. Komplikasi lain yang mungkin terjadi adalah munculnya Penyakit radang panggul. Sedangkan komplikasi berat yang mungkin muncul adalah Infeksi berat yang ditandai dengan nyeri dibawah pusat disertai demam, keputihan berbau busuk dan disertai perubahan warna, serta rasa nyeri pada waktu senggama. Apabila terjadi tanda-tanda komplikasi semacam itu, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

IUD.jpg
IUD spiral dan copper T (foto: doc.hadisome)
MIRENA from wikipediacom
ilustrasi Alat kontrasepsi mirena di dalam rahim. diunduh dari wikipedia

Kemudian selain komplikasi di atas, ada juga kemungkinan efek samping pada saat pemasangan IUD. Yang pertama, salah satu efek yang terasa di saat pemasangan IUD memang di sebagian kasus terasa tidak kencang. Seperti mau lepas, bahkan terasa seperti bergoyang. Di kasus lainnya, ada yang seperti mengganjal dan terasa perih-perih. Namun hal tersebut pada sebagian keadaan masih dikategorikan wajar. Apabila sudah menimbulkan iritasi atau rasa yang teramat sangat mengganggu, silakan konsultasikan dengan dokter ahli kandungan anda.

Kemudian yang kedua, salah satu efek samping penggunaan IUD adalah rasa sakit pada bagian perut dan bagian tertentu di dalam atau di bagian lainnya sekitar organ vital wanita. Namun biasanya tidak berlangsung lama. Apabila berlangsung dalam rentang waktu yang cukup lama dan mengganggu maka mungkin ada permasalahan lainnya. Namun berdasarkan pengalaman di lapangan, tidak ditemukan banyak kasus medis bagi wanita yang telah mengalami section dengan pemasangan IUD setelahnya. Namun efek-efek samping tersebut mungkin saja terjadi. Apabila dirasa sakit terus menerus dan mengganggu, segera dikonsultasikan dengan dokter anda.

Sekian… .

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s