Telat Menstruasi? Jangan dulu salahkan Alat KB, Bisa jadi karena…

Assalamualaikum wr wb.

Anda pakai KB trus telat menstruasi bulan ini? Tenang. Keterlambatan datangnya siklus bulanan perempuan ini tidak saja disebabkan oleh pemakaian alat KB saja. Ada banyak faktor yang menyebabkan si bulan belum datang. Jadi anda jangan buru-buru menyalahkan si alat/obat kontrasepsi yang sedang anda pakai. Coba perhatikan sejenak, bisa saja anda salah hitung satu siklus menstruasi. Atau mungkin anda kecapekan, sehingga mempengaruhi hormone estrogen anda. Who knows kan?

Tentang keterlambatan bulan ini, sering menjadi topik pertanyaan di blog ini. saya selalu memperoleh pertanyaan melalui kolom komentar terkait dengan terlambat haid dan hubungannya dengan pemakaian alat KB.

“selamat pagi, saya pakai KB IUD, selama ini haid saya lancar. Tapi sekarang udah empat hari, haid saya belum datang juga. Kenapa ya kira-kira? Apakah gara-gara IUD nya? Atau gimana?”

Bukan hanya satu dan dua saja pertanyaan seperti ini ada di kolom komentar. Ada banyak pertanyaan yang muncul, dan mau tidak mau saya harus mencoba menjawabnya. Ada bagusnya juga sih ditanya begitu, jadi saya baca buku dan referensi terkait telat bulan tersebut hehehe.

Sebenarnya, pemakaian alat kontrasepsi bisa saja mempengaruhi volume dan siklus menstruasi. Apalagi kalo misalnya kontrasepsi yang dipakai adalah kontrasepsi hormonal. Bisa saja anda kena pengaruh hormon sintesis yang ada dalam alat kontrasepsi hormonal tersebut. Akibatnya proses ovulasi menjadi terhambat, dan akan mempengaruhi menstruasi.

Tapi tunggu, telat datang bulan tidak hanya karena alat kontrasepsi hormonal saja loh. Ada beberapa faktor lain yang bisa mengakibatkan anda tidak kedatangan tamu bulanan sesuai waktunya. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan menstruasi datang terlambat. Berikut saya rangkumkan hasil saya membaca dari buku dan beberapa website, untuk anda.

Kapan ya?
Kenapa terlambat? (HS.2015)
  1. Stress

Banyak pekerjaan, ada masalah dengan teman kantor, sibuk mikirin kesuksesan orang lain sehingga iri hati, banyak tugas dan gak tau harus mulai nyelesein darimana, dan banyuak lagi yang lain. Hal hal yang saya sebutkan barusan merupakan faktor yang dapat memicu stress. Stress akan mempengaruhi pola menstruasi anda.

  1. Gaya hidup

Gaya hidup perempuan modern sangat berbeda dengan gaya hidup jaman ibu-ibu kita dulu. Seringkali saya melihat perempuan yang merokok di tempat terbuka. Bahkan tidak jarang ada perempuan yang mengonsumsi alkohol. Saya sih nggak melarang. Silakan saja, itu hak masing-masing. Hanya saja, pola hidup seperti itu tentu saja akan memberikan dampak terhadap fisik perempuan. Bahkan akan memberi dampak juga terhadap faktor psikis yang akan mempengaruhi hormon internal. Salah satunya adalah tidak teraturnya siklus menstruasi. Jadi kalo anda terlambat menstruasi, mungkin saja karena gaya hidup yang yaaa gitu deh…

  1. Makanan

Makanan jaman sekarang, tau sendiri dong kayak gimana. Makan daging ayam, ada zat kimianya. Makan sayur, ada pestisidanya. Makan fastfood, apalagi, katanya gak sehat. Susah emang milih makanan sehat. Nah kalo anda terlalu sering makan makanan yang begitu-begitu, dapat ditebak akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh anda. Ujung-ujungnya akan mempengaruhi sekresi hormon dalam tubuh, termasuk hormon estrogen yang bertanggung jawab dalam proses menstruasi. Semakin banyak zat kimia yang masuk ke dalam tubuh, maka semakin labil pula kondisi hormon tubuh anda.

Artinya, faktor gizi dalam makanan akan memberikan pengaruh terhadap pola menstruasi seorang perempuan. Begitu loh…

  1. Kegemukan

Menurut salah satu website, siklus menstruasi ini secara tidak langsung dipengaruhi oleh lemak dalam tubuh. Sel-sel lemak ini bertanggung jawab dalam memproduksi hormon estrogen. Hormon estrogen sendiri mempengaruhi siklus menstruasi. Nah kalo sel lemak dalam tubuh anda berlebih, maka produksi estrogen pun akan semakin banyak diproduksi. Akibatnya estrogen menjadi berlebih. Over produksi estrogen ini akan membuat tubuh bereaksi yang membuat poses ovulasi tidak terjadi. Akibatnya si bulan mengalami delay deh dari jadwal yang seharusnya.

  1. Terlalu kurus

Selain kegemukan, faktor tubuh yang terlalu kurus juga menjadi salah satu penyebab bulan datang terlambat. Kebalikan dari kegemukan, pada orang yang terlalu kurus, persediaan lemak sangat kurang. Akibatnya produksi estrogen pun terhambat. Kurangnya produksi estrogen ini akan mengganggu proses ovulasi, akibatnya yaa gitu. Delay lagi deh.

  1. Mengonsumsi obat tertentu

Pada beberapa kasus tertentu, perempuan yang mengonsumsi obat atau berada dalam fase pengobatan, akan mengalami perubahan pola menstruasi. Misalnya sedang mengonsumsi obat gatal-gatal dan obat telinga, akan berpengaruh terhadap datangnya bulan.

  1. Siklus yang panjang

Jangan buru-buru panik karena tamu bulanan anda belum datang. Bisa jadi siklus haid anda adalah siklus yang panjang. Siklus haid setiap perempuan berbeda-beda. Rentang 21 hari hingga 40 hari. Anda yang tidak teratur tiap bulannya, bisa jadi punya siklus diatas 30 hari. Jadi belum tentu Untuk mengetahui siklus tersebut, anda tinggal melakukan penelitian terhadap diri sendiri aja. Caranya gampang, coba catat hari pertama menstruasi anda hingga hari terakhir (H-1) sebelum anda haid lagi. Itu adalah satu siklus. Anda tinggal amati siklus seperti itu kurang lebih tiga kali masa haid, maka anda dapat mengetahui berapa lama siklus haid anda. Demikian.

  1. Menopause dan Pra menopause

Perempuan menjelang menopause biasanya akan mengalami siklus haid yang tidak teratur. Menjelang menopause, akan terjadi perubahan hormon. Perubahan hormon tersebut tentu saja akan mempengaruhi berbagai hal. Mulai dari emosi yang fluktuatif, hingga perubahan siklus menstruasi. Menstruasi menjelang masa menopause biasanya akan berubah-ubah. Kadang-kadang sebulan sekali, bisa juga tiba-tiba lima bulan kemudian baru datang bulan lagi.

Sedangkan ketika memasuki masa menopause, seorang perempuan akan berhenti haid sama sekali. Menopause ini akan bervariasi pada setiap perempuan. Biasanya perempuan akan mulai mengalami menopause Antara usia 45 – 50 tahun. Tapi salah satu teman kantor saya, sudah usia 51 masih subur. Ini juga wajar. Karena disamping faktor sel telur, faktor gizi makanan juga turut mempengaruhi kesuburan seorang perempuan.

  1. Sakit

Penyakit dan pengobatan tertentu bisa jadi akan mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Akibatnya, pola haid akan terganggu.

  1. Hamil

Ini sangat jelas, ketika seorang perempuan ternyata hamil, maka haidnya akan mengalami keterlambatan dan berhenti sama sekali hingga masa melahirkan dan nifas.

  1. Sedang menyusui ASI eksklusif

Busui, atau ibu menyusui, bisa jadi akan mengalami keterlambatan haid. ASI Eksklusif dan sekresi haid sangat berhubungan erat, karena ketika seorang ibu menyusui bayinya, sang bayi akan mengisap ASI dari ibunya. Isapan bayi tersebut akan memicu keluarnya hormon prolaktin. Hormon prolaktin inilah yang memicu keluarnya ASI dan  menekan keluarnya hormon yang mempengaruhi terjadinya ovulasi atau pengeluaran sel telur. Jika tidak terjadi ovulasi, maka kemungkinan hamil pun tidak ada. Metode ini sangat bergantung pada faktor fisiologis perempuan. Maksudnya bahwa kondisi tubuh setiap perempuan berbeda-beda. Maka pengeluaran hormone pemicu ovulasi pun berbeda-beda, sehingga masa haid setelah melahirkan pun tidak sama.

Nah, ternyata begitu ibu ibu. Ketika anda telat haid, jangan dulu berpikir “Wah saya hamil..” atau “aduh, ini pasti gara-gara KB anu…” terus kemudian panik. Ternyata ada banyak sebab yang membuat bulan datang terlambat. Semoga bermanfaat. (HS.2015)

Bdg, 03092015

Sumber: di sini, sini, sini, dan sini

Iklan

One thought on “Telat Menstruasi? Jangan dulu salahkan Alat KB, Bisa jadi karena…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s