Untuk Anda Yang Sedang Menanti Jawaban

Hallo-hallo…

Maaf ya selama beberapa waktu ini saya jarang ngelola blog tentangkb mengingat beberapa kesibukan saya di kantor. Selama hampir satu bulan ini saya turut berkeliling ke beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat untuk melakukan sosialisasi pemutakhiran data dan pemetaan PUS di tingkat desa.

Kegiatan yang hampir menyita waktu ini akhirnya selesai juga. Saya bertugas sebagai anggota tim yang melatih para kader untuk melakukan pendataan di tingkat RT.

Senang sekali rasanya saya bisa bertatap muka kembali dengan para kader di tingkat desa. Saya seolah-olah diajak untuk kembali bernostalgia melakukan penyuluhan kembali. Mulai dari Kab. Bekasi, Kab. Bogor, Kab. Cianjur, Kab. Bandung, hingga Kab. Cirebon adalah tempat saya melakukan sosialisasi terhadap para kader tersebut.

Kegiatan tersebut menjadi satu alasan untuk saya tidak membuka blog ini. saya hanya menuliskan kegiatan dan artikel saya di blog hadisome, dan baru hari ini berniat untuk membuka blog tentangkb ini. alangkah terkejutnya saya melihat antusiasme pembaca blog ini dengan segudang pertanyaan yang muncul di kolom komentar yang termoderasi. Ada sekitar 159 komentar yang menunggu approval dan memperoleh jawaban dari saya. Dan lebih terkejut lagi adalah ketika melihat antusiasme pengunjung blog ini yang mencapai 1000-an pengunjung per hari.

Mungkin butuh waktu lama bagi saya menjawab pertanyaan-pertanyaan pembaca sekalian. Dari beberapa pertanyaan pembaca sekalian, sebenarnya jawabannya sudah saya tuliskan juga di blog ini. mungkin anda yang luput membacanya atau memang malas membaca ulang ya hehehe. Coba deh cek lagi satu persatu, pasti ketemu kok. Jadi sambil anda sekalian menunggu jawaban, anda silakan ‘obrak-abrik’ blog ini untuk menemukan jawaban atas pertanyaan yang anda kemukakan.

oya, untuk pertanyaan yang berhubungan dengan medis, sepertinya saya harus menghubungi kembali dokter Handy Intan, SpOG.

Terima kasih.

Salam (HS)

Iklan

8 thoughts on “Untuk Anda Yang Sedang Menanti Jawaban

  1. Mas handi yg baik, pertanyaan saya yg singkat ini tolong dijawab dengan cepat ya
    Begini ceritanya (sambil menerawang….:))
    5tahun yll, saya pasang spiral bentuk T, dan selama 5 tahun itu saya tidak pernah kontrol ke dokter krn saya pikir saya tidak mempunyai keluhan, cuma mens jadi deres aja dan itu ngga jadi masalah.
    Masalahnya saat saya mau ganti spiral baru, spiral yg lama dicari kok ngga ada ya mas, di usg udah, praktis saya diobok2 sp mules deh, tetep nggak nemu, ngumpet dimana ya mas?
    Padahal saya yakin sekali selama 5th , spiral itu nggak mungkin lepas sendiri, masak ya saya ngga ngerasa barang segede itu jatuh, lagian indikasi mens deres masih ada sp akhir saya mau proses pelepasan, krn sebelum pakai spiral, mens saya biasa saja debitnya.
    Apa yang harus saya lakukan ya mas, spiral baru nggak mungkin dipasang kan klo yg lama tidak ketemu, krn saran bu bidan, kemungkinan ada proses seperti kiret buat ambil spiral lama…….ih serem, saya mau kabur aja deh mas klo pakai acara kiret.
    Matur thank you ya mas, sudah mau baca curhatku di pagi2 ini

    Regards
    Een

    1. lebih baik di USG dulu bu untuk memastikan dimana letak keberadaan IUD tersebut. saya sarankan ibu untuk mendatangi dokter spesialis untuk mendapatkan pemeriksaan yang menyeluruh.
      IUD memang bisa lepas dengan sendirinya, apalagi jika memang volume darah haid banyak…
      begitu saja ya bu. saran saya ke dokter kandungan aja dulu, minta untuk USG.

  2. mas,sy memakai spiral yg 10th,tp baru 4,5th sy udh lepas krn trjadi infeksi..yg jd mslh stlh lepas sy jd sakit-sakitan dan berat badan sy turun drastis sampai 20kg slm 5bln ini.dan haid sy hanya flek hitam saja dan waktunya hanya 2hr.bahkan bulan 7 ini sy harus tranfusi darah krn HB sy cm 4,1ltr..stlh tranfusi kok sy mlh blm dapat haid ya pdhl sudah 1bln lebih…apakah itu
    berbahaya?
    terima kasih sblmnya

    1. untuk memastikan penyebabnya, sebaiknya diperiksakan terlebih dahulu ke dokter kandungan apakah penurunan berat badan dan siklus haidnya terpengaruh karena infeksi atau bukan. terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s