7 Aspek Tumbuh Kembang Balita (Bag.4-Habis)

Ini adalah bagian keempat dari empat seri tulisan saya mengenai Tujuh Aspek Tumbuh Kembang Balita. Bagian pertama, kedua, dan ketiga, bisa anda kik pada link berikut ini:

Bagian satu

Bagian dua

Bagian tiga

seperti yang saya tuliskan di bagian pertama, saya mengembangkan tulisan ini dari salah satu materi dari Balai Diklat BKKBN-Bogor.

Balita dan anak-anak... masa keemasan perkembangan otak manusia (HS-2010)

-hs-

Dalam menerapkan pendidikan pada bayi balita, anda harus memperhatikan tujuh aspek tumbuh kembang balita. Saya sudah menuliskannya di sini. Dalam memantau tumbuh kembang balita, sebagai orang tua, anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  1. MASA KRITIS YANG PERTAMA

Setelah melalui masa-masa  yang sangat bergantung pada pemeliharaan & bantuan ortu, maka pada sekitar 2 – 4 thn anak mulai mengenal AKU atau EGO-nya.Ditandai dengan munculnya prilaku yang mulai menantang , melawan terhadap ortu & mulai membandel , Anak sering membuat jengkel ortu, karena selalu menuntut untuk segera dipenuhi setiap keinginannya . selain itu, Ortu cenderung menjadi tidak sabaran,sering marah2, mengomel bahkan tidak jarang menjadi frustasi dan kecewa.

Sebenarnya periode ini bukanlah sebuah pembawaan buruk dari seorang anak, namun merupakan sebuah perkembangan yang normal dan wajar pada balita.

2.        AKTIFITAS BERMAIN

Bermain merupakan kegiatan yang sangat berarti dan mempunyai pengaruh besar bagi perkembangan anak. Dengan bermain anak belajar berbagai keterampilan baik yang menyangkut anggota badan,panca indra maupun kemampuan bahasa serta untuk mengasah kecerdasannya .

Sebagai orang tua, sebaiknya anda memberikan waktu pada anak untuk bermain dan bergaul sesuai dengan perkembangan umurnya. Pilihlah alat permainan anak yang sesuai dengan usia anak. Jangan lupa ajak anak membereskan alat-alat mainnya sebagai bentuk pendidikan tanggung jawab sejak dini.

3.       DUNIA ANAK  ADALAH DUNIA FANTASI

Pada masa BALITA unsur perasaan masih sangat menonjol dibandingkan dengan unsur pikiran. Oleh karena itu janganlah terlalu memaksakan kehendak untuk mendorong anak dapat mencapai kemampuan yang melebihi batas-batas kemampuannya.

Sesungguhnya, anak adalah titipan dari Tuhan. Maka kewajiban anda sebagai orang tua adalah memberikan segala sesuatu yang terbaik untuk anak anda. Termasuk dalam hal ini adalah pendidikan untuk anak anda.

Sampai jumpa pada bahasan lainnya.

Salam (HS)

Iklan

2 thoughts on “7 Aspek Tumbuh Kembang Balita (Bag.4-Habis)

  1. iya benar.. anak sy skrg berumur 4th.. emg bar Dr umur 2th sh mulai byk protest.. byk bertanya.. byk alasan byk membangkang.. bagaimana cara tbaik mhadapinya..

    1. jangan berikan kalimat negatif, secapek apapun, terima lah kenakalan mereka sebagai bentuk kreatifitas untuk mengembangkan diri mereka.
      banyak2 membaca buku tentang perkembangan anak dan pola asuh anak.
      buku karangan ayah edi bagus tuh… baca deh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s