7 Aspek Tumbuh Kembang Balita (bag-2)

lihatlah tanda-tanda perkembangan Balita anda - HS

Pada bagian pertama, saya sudah menuliskan bahwa dalam mendidik buah hati, diharapkan para orang tua dapat memantau perkembangan mereka melalui tanda-tanda umum yang mereka capai pada usia tertentu.

Secara garis besar, tanda-tanda tersebut terangkum dalam 7 aspek tumbuh kembang balita. Nah, pada bagian kedua ini, saya coba sedikit ulas apa saja pengertian dari ke-7 aspek tersebut.

Simak terus karena pada unggahan berikutnya, saya akan menayangkan ciri-ciri perkembangan balita secara spesifik berdasarkan ketujuh aspek tersebut.

-hs-

1.       GERAKAN KASAR ( GK)

Gerakan kasar merupakan aspek perkembangan balita dimana balita melakukan gerakan yang melibatkan sebagian besar otot tubuh dan biasanya memerlukan tenaga.

2.       GERAKAN HALUS ( GH )

Gerakan yang dilakukan oleh bagian tubuh tertentu saja, dan hanya melibatkan sebagian kecil otot balita. Si kecil pun tidak memerlukan banyak tenaga.

3.       KOMUNIKASI PASIF ( KP )

Komunikasi pasif meliputi kemampuan untuk mengerti isyarat dan pembicaraan dari orang lain.

4.       KOMUNIKASI AKTIF ( KA )

Komunikasi aktif merupakan kemampuan balita untuk mengungkapkan perasaan, keinginan, dan pikiran melalui tangisan, gerakan tubuh, ataupun berkata-kata.

5.       KECERDASAN  ( KC )

Aspek ke-5 yang harus diperhatikan oleh para orang tua terhadap balitanya adalah aspek kecerdasan. Kecerdasan meliputi kemampuan daya tangkap, daya pikir, daya ingat, dan kemampuan si kecil memecahkan suatu masalah.

6.       MENOLONG DIRI SENDIRI ( MD )

Adalah kemampuan dan keterampilan melakukan hal-hal yang sederhana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari balita anda. Kemampuan menolong diri sendiri ini harus dipantau oleh para ortu agar si kecil secara bertahap tidak tergantung terhadap orang lain.

7.       TINGKAH LAKU SOSIAL ( TS )

Aspek ketujuh adalah tingkah laku sosial. Aspek ini memperhatikan kemampuan balita anda dalam bergaul dan bersosialisasi. Salah satunya adalah bergaul dan bertingkah laku dengan anggota keluarga, dan juga orang lain di lingkungan sekitarnya.

Ketujuh aspek tersebut saling berkaitan erat satu sama lain. oleh karena itu perlu diusahakan adanya perangsangan pada anak yang meliputi ke-7 aspek perkembangan balita tersebut secara seimbang.  Peran anda sebagai orang tua sangat besar sekali dalam mendidik dan merangsang tumbuh kembang balita. Karena sebagian besar waktu balita akan dihabiskan bersama orang tuanya.

Bersambung… (HS)

Iklan

3 thoughts on “7 Aspek Tumbuh Kembang Balita (bag-2)

  1. Saya sangat terbantu sekali dg blog. Ini,smg Allooh senantiasa memberi kemudahan,sebagai manna andaa tlh mmbr kemudaahan pd bnyk orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s