Kontrasepsi Pria Dari Ekstrak Gandarusa

tanaman Gandarusa (picture search by google.co.id)

Selamat datang bulan oktober… dan kabar gembira untuk anda para akseptor KB pasangan usia subur yang sedang menjalankan program penjarangan kehamilan. Terutama untuk pasangan dimana pihak perempuan memiliki masalah tersendiri dengan alat kontrasepsi yang ada selama ini.

Saat ini tengah dikembangkan metode kontrasepsi bagi pria dari ekstrak tanaman Gandarusa.

Adalah salah seorang peneliti dari universitas Airlangga Surabaya, Drs. Bambang Prayogo, Apt. yang meneliti khasiat dari tanaman Gandarusa dan pengaruhnya sebagai kontrasepsi alami bagi pria. Penelitian Drs. Bambang tersebut merupakan penelitian lanjutan setelah sebelumnya Prof. Ir. Moeso S, dan Drs. Agus P  menemukan bahwa tanaman Gandarusa ini dimanfaatkan oleh masyarakat pedalaman Papua sebagai obat KB Pria.

Gandarusa, merupakan tanaman herba yang sudah dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat sebagai tanaman obat. Menurut situs Wikipedia, tanaman gandarusa ini memiliki efek analgetik, antidiuretik. Menurut salah seorang pembudidaya gandarusa, Tini Hartini, Gandarusa ini bisa digunakan sebagai obat anti nyeri ketika keseleo (kompas.com).

Selain khasiat tersebut, tanaman gandarusa juga memiliki sifat antispermatozoa. Oleh sebab itulah, peneliti dari Unair mencoba melakukan penelitian dari ekstrak Gandarusa. Dan saat ini proses penelitian tersebut sudah memasuki uji klinis. Menurut Drs. Bambang, cara kerja senyawa ekstrak gandarusa ini mirip seperti metode hormonal KB. Yakni menurunkan aktifitas enzim hialuronidase didalam spermatozoa, sehingga sel sperma tidak mampu menembus sel telur (Wikipedia).

selama ini, pil KB menjadi salah satu kontrasepsi yang hanya bisa digunakan oleh kaum perempuan. semoga dengan penelitian dari UNAIR, akan segera lahir pil kb bagi kaum pria juga. (ilustrasi adalah pil KB bagi perempuan-HS.2011)

 

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), DR.dr. Sugiri Syarif menyatakan bahwa saat ini BKKBN siap bekerja sama dengan pihak Unair untuk mengembangkan temuan tersebut untuk selanjutnya digunakan sebagai alat kontrasepsi alami bagi kaum pria. Saat ini uji klinis baru memasuki tahap ke dua dari tiga tahapan uji klinis yang harus ditempuh.

Kita tunggu saja, semoga ekstrak gandarusa yang digunakan sebagai bahan dasar pil KB pria ini akan lolos uji klinis sehingga pil KB pria dapat segera menjadi pilihan bagi anda para pasangan usia subur. (HS)

Iklan

14 thoughts on “Kontrasepsi Pria Dari Ekstrak Gandarusa

  1. semoga tahun dpn bisa lekas diproduksi,biar menjadi alternatif para suami yg ingin kb tp tidak mau memakai kondom

  2. senangnya denger kabar ini,.dari herbal indonesia,.mudah mendapatkannya,.semoga aja cepet kelar penelitiannya tyus di produksi,.biar para laki2 juga merasa rempong nya KB hehehe

  3. Mungkin tapi lama itu lah semboyan orang kita,orang indonesia selalu ketinggalan.udah dari 2 tahun lalu berirta ini kok sampai sekarang belum diproduksi..Besar Kelakar orang indonsia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s