Bagaimanakah implant bekerja di dalam tubuh anda?

Pada salah satu sesi penyuluhan yang diselenggarakan di ruang delima di salah satu rumah sakit di kota saya, saya menjelaskan mengenai cara terpasangnya alat kontrasepsi dalam rahim dan bagaimana AKDR tersebut bekerja sebagai alat kontrasepsi di dalam rahim. Para calon akseptor yang hadir tampak mengerti dan manggut-manggut. Mereka paham menurut jangkauan logika mereka karena saya memberikan informasi dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Ketika saya masuk pada metode kontrasepsi berikutnya, yaitu tentang implant, seorang ibu langsung angkat tangan. Dia bertanya bagaimana implant bekerja dan mempengaruhi rahim. Tentu saja saya menyambut pertanyaan ibu tersebut dan memujinya bahwa pertanyaan tersebut cukup penting. Ternyata keingin tahuan ibu tersebut menjadi corong yang mewakili ibu-ibu lain yang ternyata memang penasaran. Akhirnya saya pun menjelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh mereka.

Mungkin diantara anda juga ada yang kebingungan dan ingin menanyakan hal yang sama dengan ibu itu? Tidak usah khawatir anda akan kesulitan bertanya karena tidak ada petugas penyuluh di sisi anda. Saya akan memberikan informasi yang mungkin dapat anda pahami dengan sederhana.

Implant, atau susuk KB, merupakan metode kontrasepsi hormonal. Maksudnya, di dalam alat kontrasepsi ini terkandung hormon progesterone. Hormon progesterone inilah yang mempengaruhi rahim anda sehingga ada hubungannya dengan pengaturan kehamilan anda.
Hormon yang terkandung dalam implant ini akan dilepaskan sedikit demi sedikit. Hormon ini akan bekerja pada rahim dengan membuat lendir di daerah rahim menjadi kental sehingga mengurangi transportasi sperma untuk menuju tuba fallopii (tempat terjadinya pembuahan). Keberadaan hormon ini juga dapat memberikan pengaruh pada proses pembentukan endometrium sehingga akan menyulitkan proses implantasi (proses tertanamnya sel telur yang terbuahi ke dalam dinding rahim). Selain itu hormon ini juga dapat menekan terjadinya ovulasi atau pembentukan sel telur.

Proses-proses tersebut dapat menghambat terjadinya kehamilan. Menurut buku panduan praktis pelayanan kontrasepsi terbitan BKKBN Jawa Barat, efektivitas metode implant ini adalah 0,2 – 1 kehamilan per 100 perempuan. Artinya hampir 99 % implant ini efektif menghambat proses kehamilan.(HS)

Iklan

One thought on “Bagaimanakah implant bekerja di dalam tubuh anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s