Konvoi Sosialisasi IUD

Baru saja saya menyelesaikan finish setelah seharian mengikuti konvoi dalam rangka kegiatan Sosialisasi IUD tingkat Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Purwakarta. Bertolak dari rumah jam 4 pagi, saya menyelesaikan rute melewati kabupaten purwakarta dan Bandung Barat untuk kembali ke rumah tepat pukul 3 sore. Sebuah perjalanan yang cukup panjang bukan? Hehe….

-hs-

Hari ini, 1 november 2010, di Kabupaten Purwakarta dilaksanakan kegiatan sosialisasi IUD tingkat provinsi dalam rangka kesatuan gerak PKK KB-Kesehatan. Kegiatan ini dihadiri oleh gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan beserta istri.

Mengambil tempat di kecamatan Bojong, yang terletak hampir 35 km dari pintu tol Jatiluhur Purwakarta, kegiatan ini diisi dengan acara pemasangan IUD secara massal dengan menggunakan mobil pelayanan dari beberapa kabupaten yang memang sengaja didatangkan untuk turut mensukseskan kegiatan sosialisasi ini. Menurut pengamatan saya di lapangan, kegiatan ini dihadiri oleh banyak peserta (wanita usia subur) yang antusias untuk mengupayakan penjarangan kelahiran mereka.

Kegiatan ini merupakan salah satu kampanye tentang pentingnya menggunakan KB terutama IUD. Saya sendiri turut berpartisipasi sebagai peserta konvoi yang menempuh jarak cukup jauh tersebut. Ini adalah salah satu upaya BKKBN Provinsi Jawa Barat untuk menggebyarkan kembali penggunaan alat kontrasepsi terutama IUD mengingat saat ini kegiatan-kegiatan BKKBN sudah hampir terlupakan oleh masyarakat.

Anda sudah tahu apa itu IUD kan? Kalau belum, saya sedikit berikan gambaran. IUD adalah salah satu metode kontrasepsi berupa alat kecil yang dipasangkan dalam rahim. Dulu IUD ini lebih dikenal dengan nama spiral.

Jika anda masih penasaran, silakan klik saja tautan ini.

Semoga kegiatan ini membawa manfaat untuk masyarakat, terutama masyarakat pra sejahtera yang memang membutuhkan pelayanan KB secara gratis. (HS)

foto:

 

Kakimanangel 01112010

Iklan

4 thoughts on “Konvoi Sosialisasi IUD

  1. wah, blognya menginspirasi nih mas,,,jadi pengen bikin blog juga kalo saya udah punya kantor…hihihi

    mas mas, temen saya ada yang nanya,,kalo pake IUD dikombinasi sama pake pil boleh nggak ya?
    dia pake IUD, cuman takutnya tetep kebobolan,, jadi biar lebih aman dia pengen pake kombinasi gitu, boleh nggak?
    oiya, dia juga bilang katanya IUD tu rawan turun, bener gitu mas?

    1. pake IUD gak boleh pake pil dek. soalnya IUD itu cukup aman. karena dia alat yang dipasang di dalam rahim.
      IUD itu rawan? nggak juga, justru IUD itu aman 😀

      sok atuh, kalo udah kerja bikin blog yg serupa juga. salam ngeblog 🙂

  2. hmmm,,,nggak bolehnya kenapa?
    apa karena akan mempengaruhi ke reproduksinya ibu itu sendiri atau cuma karena sudah aman jadi ga boleh dobel?

    kalo yang dia bilang rawan itu katanya bisa mlorot gitu IUDnya,

    *dipanggil dek kok rasanya jadi kaya anak kecil ya??
    😮

    1. nah situ sendiri manggil mas xixixi
      begini ya mbak, sebenarnya IUD ini sudah sangat efektif menghalangi laju sperma menembus saluran telur. dia menghalangi jalannya sperma untuk membuahi sel telur, jadi tidak perlu lagi mengkonsumsi pil. jadi rasanya akan mubazir ya, karena IUD ini bisa dipakai untuk jangka waktu yg sangat lama.

      yg melorot itu kalo pemasangannya tidak benar. atau pada saat pemasangan, si pasien merasa ketakutan, sehingga ketika sudah relaks, posisi iud tidak lagi menempel diantara dinding rahim. akibatnya bisa melorot keluar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s