Tentang IUD #5: Waktu Pemakaian IUD (Habis)

sudah ada empat catatan tentang IUD, silakan cari-cari di blog ini😀

Anda hampir menyelesaikan bahasan mengenai IUD. Sekarang anda lebih mengenal apa dan bagaimana IUD. Selanjutnya anda mungkin akan bertanya, kapankah waktu yang tepat untuk dipasangi IUD?

IUD bisa dipasang setiap saat dalam siklus haid selama anda tidak dicurigai hamil. Atau  bisa juga pada hari pertama hingga hari ke tujuh siklus haid (pada saat haid). Pada hari ke-1 sampai hari ke-5 setelah berhubungan tanpa alat kontrasepsi bisa juga menjadi waktu yang diperbolehkan untuk pemasangan IUD.

Pada kasus pascapersalinan, IUD bisa dipasangkan segera setelah melahirkan, atau 48 jam setelah melahirkan, atau setelah 40 hari pascamelahirkan. Jika pascaabortus atau keguguran, maka IUD bisa dipasangkan segera atau dalam kurun waktu 7 hari setelahnya dengan catatan tidak terjadi infeksi.

Ada sedikit catatan untuk anda setelah anda dipasangi IUD sebagai alat kontrasepsi pilihan anda. Apa itu?

1.    Anda diharapkan untuk memeriksakan diri setelah 4 hingga 6 minggu setelah pemasangan. Kembalilah ke tempat pemasangan IUD apabila anda:

  • Tidak dapat meraba IUD
  • Merasakan bagian yang keras dari IUD
  • Adanya infeksi
  • Vagina mengeluarkan cairan yang tidak diketahui penyebabnya
  • Siklus haid menjadi terganggu, dan
  • IUD terlepas

2.    Selama bulan pertama pemasangan IUD, anda diharapkan memeriksa benang IUD secara rutin, terutama setelah haid. Hal ini perlu untuk memastikan apakah IUD benar-benar masih ada dalam rahim anda atau terlepas.

3.    Setelah melewati bulan pertama pemasangan IUD, anda perlu memeriksa keberadaan benang IUD jika anda mengalami kejadian berikut:

  • Terjadi kejang atau kram di perut bagian bawah
  • Terjadi pendarahan diantara haid, atau setelah berhubungan seksual
  • Nyeri setelah sanggama, atau ada keluhan dari pasangan anda bahwa ada ketidaknyamanan pada saat berhubungan seksual.

Sekarang anda sudah yakin untuk memilih IUD sebagai alat kontrasepsi pilihan anda. Namun rasanya anda perlu melanjutkan membaca blog ini karena masih ada beberapa metode kontrasepsi yang bisa menjadi alternative untuk anda. Salah satunya adalah metode kontrasepsi untuk pasangan anda. Apa itu? silahkan anda teruskan bacaan anda. ^_^. (HS)


18 thoughts on “Tentang IUD #5: Waktu Pemakaian IUD (Habis)

  1. hallo mas , langsung aja ya saya nanya .
    2 hari setelah selesai haid , saya pasang IUD copper T .
    Namun sebelumnya saya sempat berhubungan dengan suami tanpa kontrasepsi dan suami saya ”keluar di dalam” *maaf😛
    Yang ingin saya tanyakan, apakah saya bisa hamil walaupun segera setelah berhubungan saya pasang IUD ?

      1. Mau tanya…daya dulu pernah operasi tumor payudara dbelum mnikah. Skg alhamdulillah sudah melahirkan 2bln. Alat kontrasepsi yang pas apa ya.. mohon bantuanya

  2. Maaf saya mau tanya.. saya baru aja melahirkan tgl 15april kmarin.. sy rencana mau kb IUD, kira kira waktu yg tepatnya kapan ya?

  3. Mau tanya, saya 4 bln yg lalu melahirkan. Sampai sekarang blm juga haid. Apa boleh pasang iud dlm keaadaan tidak haid ?

  4. Mlm..saya mau nanya..6bln yg lalu saya mlahirkan..pernh haid sekali..tp blkm sempet pasang iud..ada efek samping nya nggk klo pasang iud lg nggk haid..soalnya haid ke 2 blom dteng2

    1. salam mbak Elok
      Ngga ada mbak, menurut referensi yang saya baca, tidak ada efek samping meskipun IUD dipasang pada saat nggak haid. tapi sebelum dipasang harus dipastikan dulu bahwa anda tidak hamil, dilakukan dengan memakai testpack. jadi tidak perlu menunggu haid dulu. terima kasih

  5. Slmt sore,, mau tanya apa benar kata orang2 klo pasang IUD gak boleh dibawa kerja yg berat2. Soalnya saya mau pasang tp takut kenapa2,soalnya saya orangnya gak mau diam,pekerja keras.

    1. salam Ibu Lia…
      oh, gapapa kok. salah satu peserta penyuluhan yang pernah di IUD mengatakan, dia adalah instruktur senam aerobik dan menggunakan IUD. selama memakai IUD, dia tidak ada masalah apa-apa. begitupula dengan pekerja keras lainnya. jadi ibu tidak perlu khawatir. salam

  6. Mlm,., saya ibu rere umur 32. Saya mau tanya saat ini kan saya pakai pil kb diane.terus saya mau ganti iud.apakah ada efek sampingnya?

  7. Saya telah melahirkan 10 bulan yg lalu..dan g pernah mkai KB kcuali kondom…jdi bidan saya menyarankan untuk makai IUd..kpan y wkt yg tpat untk psang ny??sdang haid atau setelh haid??mkasih..

  8. Aslmkm .. Sya baru saja pasang iud setelah melahirkan anak pertama saya .. Tp skrg sudah 5 hari pemasangan iud prut bagian bawah saya sering sakit seperti kram haid apa tidak apa2 .. Apakah iud trsbt cocok dgn saya mohon d jwab ya .. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s