Lagi, Tentang IUD (Part 3) – Persyaratan pemakaian IUD

Sebelumnya, Apa Itu IUD dan Bagaimana IUD bekerja. Nah, sekarang apa saja persyaratan IUD?

selamat membaca 🙂

-hs-

Persyaratan pemakaian IUD

Seperti halnya metode kontrasepsi lainnya, jika anda ingin menggunakan IUD maka anda pun harus membaca dulu tentang persyaratan pemakai IUD. Siapa saja yang boleh memakainya, dan siapa saja yang tidak boleh menjadi pengguna IUD ini.

Saya akan mencatatkan untuk anda, siapa saja yang boleh menjadi pengguna IUD dan yang tidak boleh.

Berikut ini adalah yang boleh menggunakan IUD:

–       Perempuan Usia subur

–       Perempuan yang menginginkan kontrasepsi jangka panjang

–       Perempuan yang sedang berada dalam masa menyusui, dan menginginkan IUD sebagai alat kontrasepsinya supaya tidak menghambat lancarnya ASI

–       Perempuan yang tidak menghendaki metode hormonal

–       Tidak menyukai mengingat-ingat minum pil setiap hari

–       IUD dapat digunakan pada semua perempuan perokok

–       Perempuan pasca keguguran boleh menggunakan IUD apabila terlihat tidak ada infeksi

–       Sedang memakai antibiotika atau antikejang, boleh menggunakan IUD

–       Untuk perempuan-perempuan yang memiliki kondisi tumor jinak di payudara, penderita kanker payudara, pusing-pusing sakit kepala, tekanan darah tinggi, varises di tungkai, juga penyakit jantung, BOLEH menggunakan IUD.

–       Perempuan yang pernah menderita stroke, penderita diabetes, memiliki kelainan hati dan empedu, terkena malaria, dan penyakit tiroid, juga BOLEH menggunakan IUD.

–       Perempuan yang menderita TBC nonpelvik juga boleh menggunakan IUD.

–       Serta perempuan yang memiliki penyakit epilepsy juga boleh menggunakan IUD.

–       Penderita skistosomiatis (infeksi yang disebabkan cacing pita)

–       Serta perempuan yang telah mengalami kehamilan ektopik (hamil diluar kandungan), dan pembedahan pelvik.

-hs-

Sedangkan yang tidak diperkenankan menggunakan IUD adalah:

–       Perempuan yang sedang hamil (ada kemungkinan sedang hamil)

–       Memiliki riwayat perdarahan vagina namun belum diketahui penyebabnya

–       Sedang menderita infeksi alat genital

–       Kelainan bawaan rahim yang abnormal, atau terdapat tumor jinak rahim yang dapat mempengaruhi badan rahim.

–       Terkena penyakit trofoblast yang ganas, yaitu penyakit yang timbul biasanya setelah mengalami hamil anggur.

–       Diketahui menderita TBC pelvik

–       Mengalami kanker alat genitalia

–       Perempuan yang memiliki ukuran rongga rahim kurang dari 5 cm

Nah, anda bisa memastikan apakah anda boleh menggunakan IUD atau tidak setelah anda membaca poin-poin diatas. Jika anda tidak begitu yakin dengan kondisi kesehatan anda, silahkan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan yang akan memasangkan IUD kepada anda, mengenai kondisi rahim dan kesehatan anda. (HS)

Iklan

45 thoughts on “Lagi, Tentang IUD (Part 3) – Persyaratan pemakaian IUD

  1. mas..tanya dunk…saya kan baru pasang iud…dah 2minggu ini kadang msh kluar flek…itu blh berhubungan gak sih dgn suami?tp ya ga intens fleknya…apa ada efeknya dr iud?makasih yaa…

      1. ohhh gitu ya mas…mksh yaa…saya malu juga klo harus bolak balik dokternya…kmrn juga aq smp dibius saat pasang iudnya…mksh mas…hatur nuhun pisan…

      2. waduh, kok harus sampe dibius? pdhal kan gak pake operasi hehehe…
        gpp mbak, ga usah malu bolak balik dokternya. biar kalo ada keluhan, bisa diketahui asal keluhannya dari mana. apakah dari IUD atau bukan

  2. iya kan dulu mau pasang stlh melahirkan sakitbgt..akhirnya pake suntik..ga cocok krn gemukkk..trs konsul lg,ktnya tgg haid biar ga sakit,jadi spy haid aq dicoba pake pil…stlh haid kluar,aq balik dokter mau pasang iud,trs dicoba ternyata tetepsakit bgt..krn servixku cm 4cm..ktnya normalnya 7cm…slth haid cuma 6cm..nah narik 1cm itu kan sakiiittt bgt…akhirnya smp pake bius…jadi mahal obat bius dan ruangannya…yaa gpp mas demi kemaslahatan…nyaman sihhh…cm skrg aza kdg msh ada flek2nya..mksh yaa mas..manfaat bgt ada blognya…

    1. oh, ukuran rahimnya kecil ya?
      biasanya kalo ukuran rahim kecil, pake iud khusus. ada beberapa dokter yang menyediakan.
      tapi sekarang kan udah ya hehe
      trims ya udah mampir, smoga memberi banyak manfaat… jgn lupa, dishare ya ke tmn2nya

  3. iya mas…iya pake yg khusus mas…lmyn nyedot tabungan….hehehehehe….iya aq share ke tmn2 bh baik pake iud…btw ntar klo buka iud ktny lbh sakit ya?klo rahim kecil emang sulit melahirkan normal ya?

    1. buka IUD katanya justru jauh lebih mudah.
      kalo untuk rahim kecil sulit melahirkan normal, saya kurang begitu tau. tapi teman saya yang rahimnya kecil memang melahirkan dengan cara di cesar.
      btw, untuk teman2nya yg saat ini hamil, bisa dikasihtau nanti begitu lahiran, bisa langsung dipasangi IUD. jadi nggak perlu buka itu dua kali 😀

  4. Mas saya pake IUD tpi kok g mens2 ya,dah 5 bln psang,kmrn abis psang ada flek abis itu bersih terus,normal g sih??

      1. Masih mas,,oooo gitu y,,,klo g mensnya gmn mas,,soalnya dlu wktu anak pertama lngsng mens lgi,,tpi dlu pake pil KB,skr anak ke2 pas anak saya umur 1bln psang IUD,trus blom mens ampe skr,,soalny saya tkut kyk tmen saya yg hrs dkiret gara2 g mens 4 thn,,thanks y mas…

      2. nah karena masih ASI, makanya haidnya menjadi terhalang. coba anda baca di blog ini mengenai metode amenorea laktasi… ada penjelasannya disitu.

  5. mas…aq kan dah 6 bln pake iud…awal2 kan sering flek..ktnya kan adaptasi…bln mei kmrn haidku smp 16hari..ga banyak2 bgt sih…nah dah slesai kan aq ML dgn suami..tp ada cairan keluar warna darah..aq sih curiga itu darah berasal dr aq sndiri..aq tkt kenapa2 aq cek ke dokter langganan,aq di cek diliat miss v tktnya radang atau ada infeksi, ternyata gak ada mas, trus aq disuruh usg vagina, aq lakuin jga,ktnya iud posisinya sdh tertanam bagus, dokternya bilang aq cuma stres, aq trs cm diksh vitamin…nah bsknya aq ML lg dgn suami ngecek msh gitu apa engga, ternyata msh nih mas… knp ya???smg bisa ksh pencerahan mas thdp saya…mksh…

    1. nah, bisa jadi memang karena stres mbak. coba dicari stresor nya apa, jd nanti bisa dicari solusinya.
      saya sih menduga itu dari benang IUD yang tergesek2 ke organ bagian dalam. tapi gak tau juga sih. coba dilihat apakah benangnya menjuntai atau tidak.

  6. tapi gak menjuntai kok mas…aq dah cek ke dua dokter…ktnya iud saya ok…aq smp bingung nih??apa hrs kulepas lg iuudnya??pdhl masangnya aza smp dibius segala….

    1. oh gitu ya.. jangan dulu dilepas mbak, mending periksakan sekali lagi, di USG gitu biar keliatan posisi IUDnya. sekalian cari second opinion, biar ketauan itu berasal dari mana keluhannya.

  7. smlm sy dr dokter mau pasang iud karna sy ingin kb yg non hormonal
    Tp ternyata rahim sy pendek hanya sekitar 3-4cm jd sy katanya tidak bisa pasang spiral
    Sy disarankan Agar kb implant
    Tp sy takut karna itu mengandung hormonal
    Apa yg harus sy lakukan agar rahim sy bisa dipasang spiral
    Apakah implan bs dilepas kpn aja?

    1. untuk kasus rahim pendek biasanya menggunakan IUD khusus, beberapa dokter ada yang membuat sendiri IUD tersebut.
      Implant mengandung hormon jadi harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan kondisi tubuh anda.
      implant bisa dilepas setelah tiga tahun kecuali pada kasus tertentu dimana implant dirasa membahayakan kesehatan.

      1. mas tgl 13 kmrn aq udah pake iud mirena yg ukurannya lebih kecil katanya trus tgl 17 aq udh hub m suami tp suami sakit trus besokny aq cek ke bidan yg masangnya karna aq pikir itu benangnya tp ternyata ps dicek kata bidan itu ujung iudnya akhirnya aq dibuka lg dan katanya dibenerin posisinya
        aq tnya katanya mungkin karna rahim aq yg pendek jd dy melorot
        dan jg katanya klo nanti udh dibenerin ini jg msh geser \ melorot brarti aq g bisa pake iud
        aq sedih karna aq pengen bgt iud karna g ngandung hormon dan sodara aq semua pd pake iud pd nyaman2 aja
        1 dijakarta timur ada g dokter yg menyediakan iud khusus rahim pendek? klo ada mohon informasinya

  8. lho mas ada iud khusus ya bwt servix yg pendek???kmrn aq cuma liat waktuku mau pasang iud nya warna pink dari buyer klo gak salah..skrg sih ya mas kmrn saya cek dah ML dgn suami gak keluar lagi darahnya..smoga gpp ya mas…mksh bwt ilmu n pengetahuannya…

    1. ada beberapa dokter yang memang bisa membuat IUD untuk rahim pendek, dulu sewaktu saya masih di BKKBN cianjur, salah satu teman saya ber-rahim pendek, dan IUDnya menggunakan IUD khusus yang dipesen di salah satu dokter di sana

  9. lho di cianjr ya mas???aq orang cianjur..tp skrg aq di sby..kmrn pasang di siloam..dokternya gak rinci ksh detail iudnya..yg saya tau warnanya pink itu dari buyer…tq…dokter apa tuh di cianjur??dr.andi atau dr.sukardi???

    1. katanya sih di bandung (ternyata), dokter setiawan namanya.
      alamatnya di jl cipaera kosambi, katanya depan pasar kosambi ada jembatan penyeberangan, nah masuknya dari situ

  10. mau tny pak.. sy pake iud dah mulai th 2009.. kemarin tgl 19juni sy menstruasi trs tgl 9juli sy ML dng suami.. tp bln juli ini kok gak dpt mens ya pak?? knp?? tq..

    1. sudah testpack?
      coba testpack dulu, bisa saja meskipun pake IUD, ada kegagalan.
      tapi kemungkinannya tidak hanya kegagalan, ada banyak faktor yang mempengaruhi siklus haid, diantaranya pola hidup, tingkat stres, kecapekan, dsb

      1. blm pak.. bs gagal gt ya pak pake iud.. tp kemungkinan positif gak pak keluhan saya itu.. trs wkt berhubungan sy itu termsk ke dlm masa subur nggak pak?? trima ksi perhatiannya pak..

  11. blm pak.. gt ya pak, klu keluhan sy itu kemungkinan positif ato tdk ya pak.. sy berhubungan kemarin termask masa subur pak?? trs test pack nya hrs pagi hr bngn tidur gt pak.. trima ksi atas perhatiannya..

    1. belum tentu juga sih, tapi tidak ada salahnya di test aja dulu, untuk memastikan.
      resiko kegagalan selalu ada mbak, hampir di semua metode kontrasepsi. termasuk pada IUD.
      secara teori, IUD ini memang efektif, tapi kita kan gak bisa membantah kuasa Allah SWT.
      tapi kemungkinan yang terjadi pada mbak Nina kayaknya kepengaruh faktor kecapekan atau stres…

  12. mas mau nanya saya kan bru pasang IUD hri ini. Trus berapa lama ztelah pmasangan bru bisa berhubungan badan ??

    1. kalo pengen cepet, sebaiknya mbak berkonsultasi langsung ke dokter yang masang IUD.
      disini sifatnya gratisan, jadi saya ga bisa dipaksa cepet2, soalnya kerjaan saya bukan cuma ngurus blog ini aja.
      maaf kalo agak sedikit tegas, saya kurang suka dipaksa2 macam gitu, gak sopan sekali rasanya.
      trims

      1. maaf dok ini mau nanya lg. Zmenjak pasang iud kmrin hingga zkrg,kok flek nya mash ada truz trkadang bnyak skali volume darahx. Ada yg bilang,kalo itu pngaruh pmasangan iud yg trlalu cpat. Saya kan pasang iud pada zaat anak ku berumur tepat 40 hari? Mhon pnjelazan nya dok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s