Catatan KB : Female Condoms

Para Pria, anda tentu sudah mengenal kondom bukan? Hmmm, agaknya aneh deh kalau misalnya ada pria yang belum mengenal alat kontrasepsi ini. Apalagi para pria yang sudah beristri, keliatannya pasti pernah ya pake kondom hehe….

Kondom banyak dijual bebas di apotik. Tinggal bilang saja sama petugasnya apotik, anda pasti akan segera mendapatkannya, karena kondom ini sudah dijual bebas. Apalagi, di Jakarta pernah ada atm kondom (VMC: Vending Machine Condoms) yang sempat mengundang kontroversi. Makanya, aneh deh kalo ngaku belum tau kondom hehehe….

Sebagai alat kontrasepsi, kondom juga bisa digunakan untuk mencegah kehamilan. Terbuat dari bahan lateks, kondom ini berfungsi menghalangi  pertemuan sperma dan juga ovum. Kontrasepsi cara ini memiliki tingkat keberhasilan 80% hingga 95%, atau dengan kata lain, tingkat kegagalan (resiko ‘kebobolan’nya) berkisar 5% hingga 20%.

***

Pada sebuah kesempatan penyuluhan di RSUD Cianjur, tim PKBRS dari BKBPP Cianjur melaksanakan penyuluhan kepada ibu-ibu yang baru saja melahirkan. Materi yang disampaikan adalah mengenai alat kontrasepsi seperti yang pernah saya catat disini dan disini. Antusias ibu-ibu yang hadir, cukup menggembirakan. Keingintahuan mereka sungguh besar, karena meskipun mereka sudah tercatat sebagai akseptor aktif (sebutan untuk seseorang yang sudah ber-KB), ternyata mereka belum begitu tau banyak tentang alat kontrasepsi ini.

Ketika rekan saya, yang lebih senior tentu saja, menjelaskan mengenai kondom bagi pria, seorang ibu mengajukan pertanyaan: “Kalo perempuan ada kondomnya juga tidak sih bu?”. Waw, keingintahuan ibu-ibu ini begitu besar. Dengan serta merta kamipun akhirnya memperkenalkan alat kontrasepsi berupa kondom untuk perempuan, yang lebih diistilahkan dengan sebutan FEMIDOM alias Female Condom.

female condoms (dok. materi pelatihan femidom)
kondom perempuan - diambil dari dokumen materi pelatihan femidom

Prinsip penggunaan Femidom ini, sama dengan penggunaan kondom biasa. Bedanya, femidom ini ‘dipakai’ pada organ perempuan, bukan pada organ laki-laki. Prinsip kerjanya sih, sama aja. Menghalangi pertemuan sperma dan juga ovum. Femidom, seperti halnya kondom pria, terbuat dari lateks dengan sebuah spons di bagian dalam. Spons ini berfungsi sebagai penahan sel sperma agar tidak mencapai saluran reproduksi bagian atas (uterus dan tuba falopii). Menurut teman saya yang pernah mengikuti pelatihan tentang femidom ini, katanya femidom bisa ‘dipakai’ untuk 3 kali berhubungan selama 1×24 jam tanpa perlu dibuka.

kondom perempuan (kiri) dan kondom laki-laki (kanan)

Pemasangannya, katanya, tidak sulit. Tinggal dimasukan, maka femidom akan segera berfungsi. Sebagai alat kontrasepsi baru, pengguna female condom ini belum banyak. Petugas-petugas pun hanya sekedar memperkenalkan apa itu femidom. Tidak menyarankan femidom, karena memang agak ribet, dan hanya untuk jangka waktu 1×24 jam saja, katanya. Masih katanya lagi, sebenarnya sasaran dari femidom ini adalah para penjaja seks komersial dengan tujuan untuk mengurangi tertularnya penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS, mengingat banyak pria hidung belang yang tidak mau menggunakan kondom saat berhubungan.

Nah, begitu pun disini, saya hanya ingin memperkenalkan saja female condom ini kepada anda sekalian.

Salam penyuluhan melalui media online (HS).

Iklan

3 thoughts on “Catatan KB : Female Condoms

    1. 1. mungkin reaksi dari hormon sintetis yg masuk 2. Karena KB suntik mengandung hormon sintetis yang akan mempengaruhi metabolisme
      saran saya hentikan penggunaan suntik, ganti dengan menggunakan IUD. silakan cari2 tulisan saya seputar IUD.
      terima kasih sudah mampir pak Abi *abi yang saya kenal bukan yaaa?*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s