Alat Kontrasepsi : Implant

Masih bercerita seputar alat kontrasepsi. Jika sebelumnya saya sudah menceritakan tentang IUD atau alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR), kini atas request seorang teman, saya akan berusaha sharing tentang implant atau susuk KB, hanya sebatas pengetahuan yang saya punyai saja. Jika ada diantara anda yang lebih mengetahui, silahkan turut di share juga disini🙂

***

Seorang teman SMA saya yang telah menjadi ibu mengeluhkan tentang betapa ribetnya dia mengikuti sistem KB. Sebagai ibu yang agak sedikit sibuk dan agak-agak pelupa, dia seringkali melewatkan keteraturannya minum pil KB yang ia konsumsi sebagai obat kontrasepsi pencegah kehamilan. Tentu saja hal ini mengganggu kesehariannya, karena jika dia lupa meminum, maka dia akan merasa was-was “takut kebobolan lagi”, padahal untuk mengurus satu anaknya yang masih kecil disela-sela karirnya, bukan hal yang mudah.

Saya  menyarankan untuk mengganti cara ber-KB yang dia pilih untuk menggunakan IUD. Tentu saja setelah ngobrol-ngobrol seputar macam-macam alat kontrasepsi. Namun, sebagai seorang perempuan rupanya dia agak ketakutan jika harus dipasangi alat iud meskipun ukurannya kecil. “gak berani” begitu alasannya.

Akhirnya pilihan jatuh pada alat susuk KB atau implant.

***

Apa sih implant atau susuk KB ini?

Susuk KB adalah obat kontrasepsi yang berbentuk seperti tabung kecil, sebesar korek api-lah kira-kira. Didalamnya terkandung hormon progesteron yang akan dikeluarkan sedikit demi sedikit.

implant, lebih kecil ketimbang pensil. (HS.2011)

Alat kontrasepsi ini dimasukkan dibawah kulit pada bagian lengan atas. Tidak terlihat dari luar, tapi masih dapat diraba. Tersedia dua macam, yang 1 batang atau 2 batang. Dulu, lebih ribet karena ada yang sampai 6 batang. Cara kerjanya yaitu hormon progesteron yang dilepaskan implant akan menghambat terjadinya ovulasi, menyebabkan selaput lendir atau endometrium tidak siap menerima pembuahan.

Kemarin, ketika melakukan penyuluhan di RSUD Cianjur, ada satu orang pasien post partum yang menyatakan bahwa satu batang implant itu untuk satu tahun. Jadi, katanya, enam batang implant sama dengan enam tauneun. Tentu saja ini adalah pandangan keliru sebab satu batang implant ini tidak mewakili jumlah hari (taun pemasangan). Yang terbaru dan banyak dipakai adalah implant yang dua batang, masa pakainya cukup sampai tiga tahun.

Kelebihan implant diantaranya tidak mengurangi produksi ASI, praktis dan efektif untuk masa 3 tahun, pemasangan dan pencabutannya mudah dan cepat. Pemasangan dan pencabutan dilakukan oleh petugas medis yang sudah terlatih. Kelebihan lainnya adalah bisa digunakan oleh akseptor yang mengalami ketidakcocokan dengan hormon estrogen, membantu mencegah anemia dan kehamilan di luar kandungan, serta kesuburan akan pulih setelah pencabutan implant. Namun, selain kelebihan-kelebihan tersebut, implant juga ternyata mempunyai kelemahan yaitu bisa mengakibatkan gangguan pada siklus haid karena adanya hormon progesterone yang terkandung di dalamnya, perdarahan ringan diantara masa haid, juga timbul sakit kepala ringan. karena mengandung hormone maka tentu saja akan berpengaruh pada metabolism tubuh. Sama seperti halnya pil atau suntik, tidak jarang pengguna implant yang tidak cocok akan mengalami masa menstruasi yang berbeda-beda.

Jangan menggunakan implant jika anda hamil atau diduga hamil, terdapat benjolan payudara, terkena kanker payudara, diabetes mellitus, dan memiliki riwayat darah tinggi!!!

O iya, implant ini tidak seperti susuk biasa loh, kesaktian susuk kb implant tidak akan hilang hanya karena  anda memakan sate hehehehe…. (HS)


370 thoughts on “Alat Kontrasepsi : Implant

  1. terima kasih infonya, mau tanya jika implant sudah habis masa waktunya , apa efeknya jika tidak ambil dan masih ada tenggang berapa lama obat masih bisa berkerja setelah masanya habis

    thanks

    1. terima kasih sudah berkunjung mbak Hayu…
      sebaiknya, jika sudah habis masa pakai, implant segera dicabut. apa sebab? karena implant ini di desain untuk jangka waktu tertentu. nah mengenai efeknya, sebenarnya kalo efek ke kesehatan bisa dikata tidak ada kecuali implant anda akan tertutup oleh lapisan lemak dan nanti akan sulit dibuka.
      obat yg terkandung dalam implant akan habis sesuai masa pakainya. jd tidak ada lg tenggang setelah tiba masa pakainya habis.
      semoga membantu😀

      1. Maaf pak saya mau nanyak biasanya brp lam setelah melepas kb implan untuk bosa hamil lgi krna sya udh 2 thun ingin punya anak lgi

      2. tergantung kesuburan bu.
        yang jelas, implant ini adalah obat sintesis. jd untuk lepas pengaruhnya makan waktu (artinya tidak langsung subur seperti IUD).

  2. Makasih infonya.. Kalo baru nikah, tapi blm pengen punya anak, boleh gak pake implant? Maksudnya, ada pengaruh gak sm kandungan?
    Makasih

    1. waduh, kalo baru nikah saya sarankan pake kondom aja deh… soalnya kalo implant, pil, suntik itu mengandung hormon, takutnya kalo kelamaan dipakai malah susah punya anak. soalnya hormon sintetisnya bisa bikin lendir rahim kentel dan untuk mengembalikan ke normalnya butuh waktu minimal enam bulan stelah pemakaian dihentikan.
      kalo nggak, coba pake sistem KB kalender

    1. gak permanen sih, cuma kadang2 bikin sulit aja. soalnya tumpukan hormon yg sudah menahun bisa menjadi barrier terjadinya kehamilan, butuh waktu beberapa tahun untuk menormalkan kembali kondisi rahim.

  3. Sy sempat baca untuk yg suntik tdk disarankan bagi wanita di atas usia 35 thn dan perokok aktif. Bagaimana dengan implant ini? Sebenarnya apa efek rokok dengan kb?

    1. @Mag: maaf baru saya jawab, beberapa hari ini saya tak bisa Online. begini mbak, pada dasarnya alat kontrasepsi hormonal seperti pil dan suntik itu mengandung hormon sintetis. sama halnya dengan implant.
      efek rokok dengan KB tentu saja ada. pada rokok terkandung nikotin yang dapat mempengaruhi rahim. alat kontrasepsi bekerja pada bagian rahim yakni menjadikan lendir rahim menjadi pekat sehingga sperma tak dapat bergerak leluasa. ketika seorang perempuan perokok menggunakan KB, maka kemungkinan nikotin tersebut akan mengganggu sistem kerja dari alat KB ini. kemungkinan lainnya adalah terjadinya komplikasi. tapi maaf, saya belum menemukan literaturnya. ini baru dugaan bersifat logika dari saya saja. semoga membantu menjawab rasa penasaran anda. trims

    1. @Novi: ngga pas gmn maksudnya? setau saya implan yg dipasang di lengan itu jarang yang tidak pas. kalo ditanya bahaya atau tidak, saya pikir tidak terlalu. kecuali dipasangnya bukan di lengan…

  4. riwayat caesar melahirkan 2x dlm wktu yg relatif dekat anak ke-2 sy umur 2bln, masa nifas uda berakhr sampe skrg blm haid, kontrasepsi apa ya yg baik?
    Planning punya anak lgi 3th s/d 5th kedepan.
    Implant & IUD masing2 efeknya apa y, trmksh

    1. kalo belum haid, wajar saja saya kira… karena ada perubahan hormonal, biasanya perempuan yg baru melahirkan akan berbeda2 masa haidnya.
      saran saya pakai IUD saja. keuntungan dan kelemahannya apa, bisa ibu baca di artikel2 saya di blog ini. trims sudah mampir

  5. gimana kalau pemasangan implan dgn jarak satu sama lain yg terlalu dekat/menumpuk… apakah berbahaya atau ada efek dsampingny,,, atau mengurangi efektifitas kerja implan it sendiri…

    trims sebelumnya…

    tolong dijawab penting neh??? hehehe 😉

    1. setahu saya, implant itu tidak pernah dipasang menumpuk… kalopun mau dipasang pada jarak yang berdekatan, harus dicabut dulu implant yang sebelumnya…
      jadi mengenai bahaya atau tidak jika dipasang berbarengan, kemungkinannya ya bahaya, karena hormon yang bekerja di tubuh anda menjadi dua kali lipat….

  6. saya sangat tertarik dgn alat KB yg 1 ini.. Tp saya msh ragu.. Yg ingin saya tanya, pa bner klo pk Implant, ntar kalo qt meninggal (agama islam), implant hrs d buka lg… Pa ya spti itu.. mhon pjelasannya.. Thx before…

  7. saya usia 44th. baru pakai inplant 14 April 2011 tapi siklus haid saya jadi 1 minggu haid, bersih 1 minggu trus haid lagi skarang haid hari ke 4. sampai kapan siklus haid akan normal kembali, apa efek lainnya

    1. Dear ibu susiati
      Implant itu adalah alat kontrasepsi hormonal. Di dalamnya terkandung hormon buatan yg akan bereaksi dg hormon di dalam tubuh. Salah satu reaksinya adalah perubahan pola haid. Saya tidak bisa memastikan sampai kapan krn reaksi setiap orang berbeda2. Saran saya coba lakukan kontrol ke dokter yg memasangi anda implant.
      Semoga siklus haid anda kembali normal dan teratur

  8. salam istri saya menggunakan implant sudah satu tahun, dan satu tahun ini dia tidak haid itu bagaimana? terus tiba2 dia merasa ada darah mirip haid bagaimana tapi diiringi badan yang kurang fit keluarnya?

    1. salam pak Heri..
      Implant adalah alat kontrasepsi hormonal, dia bekerja berdasarkan hormon sintetis yang dibawanya. untuk metode kontrasepsi hormonal ini memang tergantung kondisi fisik seseorang. Karena bersifat hormonal itulah maka ketika terjadi ketidak cocokan dengan tubuh dia akan bereaksi yang mengakibatkan perubahan hormon tubuh. keadaan tersebut akan berpengaruh terhadap pola haid. biasanya ada yg lebih lancar, tp ada juga yang tersendat2. kemungkinan kasus istri anda adalah karena ada reaksi yg menyebabkan perubahan kondisi hormonal istri anda dan akhirnya berpengaruh terhadap pola haid. saran saya lebih baik diganti menggunakan IUD saja, tapi sebelumnya coba dikonsultasikan dengan dokter ahli terlebih dahulu.
      untuk darah mirip haid, saya kurang bisa memahami, karena bisa saja itu karena faktor lain. saran saya coba datangi dokter kandungan biar diperiksa lebih lanjut.
      semoga jawaban ini bisa memberi gambaran untuk anda. teriring salam pula buat istri bapak

      1. ya terima kasih banyak untuk jawabanya, melihat perkembangan 2 hari ini darah yang yang keluar ternyata di yakini istri saya adalah haid, karena dari ciri-ciri dan yang dia rasakan itu adalah haid, bagaimana sebaiknya?

      2. Coba dilihat dulu perkembangannya seperti apa, terus berapa lama masa haidnya. Jika normal, tidak usah ganti cara, tp jika haidnya sedikit bermasalah, saya sarankan untuk melakukan kontrol ke bidan setempat

  9. Saya memasang implan 3 thn yg lalu dan tgl 25 mei ini sudah jadwal pencabutan. Tapi berhubung sy tugasnya agak d pedalaman jd blm s4 mencabutnya, mungkin skitar 3 bln lg baru bisa mencabutnya. Yang ingin saya tanyakan apakah saya sudah kembali subur dan bisa terjadi kehamilan?

    1. tentang kembali kesuburan, tentu saja bisa bu Vina. cuma itu tergantung kondisi hormonal ibu sendiri. karena implant adalah metode hormonal, maka akan perlu waktu beberapa bulan untuk kembali subur.

  10. salam, istri saya sekarang haidnya memasuki hari ke 13, pada hari ke 9,10 sempat seperti akan berhenti haid, tapi dua hari belakangan ini haidnya banyak sekali dan haid seperti ini baru dialami istri saya. katakanlah perlu usaha yang sangat serius agar tidak tembus terutama saat tidur malam dan kecapean, mohon penjelasannya? sebelumnya terima kasih banyak.
    kalau diingat-ingat dulu waktu nifas istri saya hanya sedikit darah yang keluarnya justru yang sekarang banyak sekali, ini ada hubungannya ga dengan keadaan sekarang atau karena 1 tahun lalu anak kami ASI ekslusif tapi memasuki tahun kedua dibantu dengan susu formula sehingga ASI istri saya jarang diberikan ni ada hubungannya ga dengan keadaan sekarang?

    1. waduh pak, saya rada sedikit bingung nih karena saya bukan ahli obgin.tapi ada kemungkinan itu adalah pengaruh hormonal dari Implant yang dipakai oleh istri bapak. karena memang implant adalah metode hormonal, jadi ketika terjadi perubahan hormonal di dalam tubuh, maka akan terlihat efeknya seperti pada haid atau ukuran badan.
      saran saya, coba datangi dokter ahli agar didiagnosa lebih real. karena saya hanya mengira2 saja, jd tingkat akurasinya agak sedikit kurang.
      coba diamati lagi pada haid mendatang, apakah istri bapak mengalami hal serupa lagi.

  11. saya sering mengengar kebanyakan alat kontrasepsi inplant sering hilang waktu mau di lepaskan,
    kenapa bisa terjadi???

  12. Kalau ada pabrik dan distributornya tolong hubungi saya ke no (021)97548001 karena saya sangat perlu dan banyak permintaan

  13. saya br mlahirkan anak kedua,rencananya sy mau KB dulu.skrg umur sy 29th.sy sdh pernah mencoba KB suntik,pil dan spiral.sewaktu sy menggunakan spiral keputihan sy semakin banyak.saya menggunakan spiral gratis dari puskesmas.apa ada pengaruhnya?atau untuk saat ini sy mengganti alat KB dengan implant?

    1. tentang keputihan sebenarnya banyak yang mengalami keluhan demikian, kata bidan partner kerja saya, itu akibat dari adanya proses adaptasi di rahim. IUD gratis tidak ada pengaruhnya, karena alatnya sama seperti IUD berbayar.
      silakan saja mbak mengganti dengan implant, tapi mbak harus periksakan kondisi kesehatan terlebih dahulu, karena implant ini hormonal dan tidak boleh dipakai oleh perempuan yang memiliki tekanan darah tinggi dan penyakit2 berat. mudah2an cocok ya…

  14. istri saya menggunakan KB implan untuk 3 tahun, dan akan habis waktunya sekitar 2 bulan lagi, yang hendak saya tanyakan adalah, apakah wajib setelah habis waktunya, yaitu 3 tahun pemakaian impllan yang terpasang di istri saya harus dicabut ?….
    sedangkan untuk saat ini saya dan istri saya ada di luart negri, saya hawatir jika dicabut yang bukan ahlinya ada resiko…soalnya dinegara yang kami tempati tidak ada KB implan dan tidak ada dokter yang menangani KB implan,….sedangkan saya pulang keindonesia sekitar 2 tahun lagi….
    serta apakah jarum imlan yang tidak dicabut tersebut akan berbahaya bagi kesehatan istri saya ?….
    dan apakah setelah masa KB implannya telah selesai tersebut walauipun jarum imlannya belom dicabut, kesuburan istri saya sudah kembali normal ?…
    dan apakah bisa dilanjutkan dengan menggunakan pil KB ?….

    Nb : Jikalau berkenan kami mohon penjelasan dan pencerahan dari dari bapak dan ibu…tolong dikirim ke email saya silvia.anggrainy@yahoo.com
    terimakasihistri saya menggunakan KB implan untuk 3 tahun, dan akan habis waktunya sekitar 2 bulan lagi, yang hendak saya tanyakan adalah, apakah wajib setelah habis waktunya, yaitu 3 tahun pemakaian impllan yang terpasang di istri saya harus dicabut ?….
    sedangkan untuk saat ini saya dan istri saya ada di luart negri, saya hawatir jika dicabut yang bukan ahlinya ada resiko…soalnya dinegara yang kami tempati tidak ada KB implan dan tidak ada dokter yang menangani KB implan,….sedangkan saya pulang keindonesia sekitar 2 tahun lagi….
    serta apakah jarum imlan yang tidak dicabut tersebut akan berbahaya bagi kesehatan istri saya ?….
    dan apakah setelah masa KB implannya telah selesai tersebut walauipun jarum imlannya belom dicabut, kesuburan istri saya sudah kembali normal ?…
    dan apakah bisa dilanjutkan dengan menggunakan pil KB ?….

    Nb : Jikalau berkenan kami mohon penjelasan dan pencerahan dari dari bapak dan ibu…tolong dikirim ke email saya silvia.anggrainy@yahoo.com
    terimakasih atas segala bantuannya….
    atas segala bantuannya….

  15. istri saya menggunakan KB implan untuk 3 tahun, dan akan habis waktunya sekitar 2 bulan lagi, yang hendak saya tanyakan adalah, apakah wajib setelah habis waktunya, yaitu 3 tahun pemakaian impllan yang terpasang di istri saya harus dicabut ?….
    sedangkan untuk saat ini saya dan istri saya ada di luart negri, saya hawatir jika dicabut yang bukan ahlinya ada resiko…soalnya dinegara yang kami tempati tidak ada KB implan dan tidak ada dokter yang menangani KB implan,….sedangkan saya pulang keindonesia sekitar 2 tahun lagi….
    serta apakah jarum imlan yang tidak dicabut tersebut akan berbahaya bagi kesehatan istri saya ?….
    dan apakah setelah masa KB implannya telah selesai tersebut walaupun jarum imlannya belom dicabut, kesuburan istri saya sudah kembali normal ?…
    dan apakah bisa dilanjutkan dengan menggunakan pil KB ?….

    Nb : Jikalau berkenan kami mohon penjelasan dan pencerahan dari dari bapak dan ibu…tolong dikirim ke email saya silvia.anggrainy@yahoo.com
    terimakasih atas segala bantuannya….

    1. salam mbak aira, maaf baru dibalas.
      implant itu adalah metode kontrasepsi berbasis hormon sintetis, jadi kalo misalnya baru menjadi pengguna implant pasti butuh waktu penyesuaian, karena ada perubahan hormonal di dalam tubuh. tentang siklus haid yang menjadi tidak teratur, belum tentu itu adalah ketidak cocokan memakai implant. saran saya coba periksa ke bidan atau dokter obgyn untuk mengecek kondisi rahim anda. terima kasih sudah mampir. salam

  16. hai mas … pa kabar mudah2n dlm keadaan baik&sehat. oya…setelah beberapa bulan dan periksa ke beberapa bidan kesimpulannya kemungkinan istri saya tidak cocok menggunakan implan…kondisi terakhirnya siklus haidnya ga teratur dalam satu bulan bisa dua kali haid disertai stamin yang menurun cukup drastis., seandainya ganti kira2 sebaiknya pake apa ya mas? supaya tidak terjadi gangguan hormonal? trima kasih sebelumnya

    1. halo juga pak, ternyata begitu ya hasil pemeriksaannya?
      saya sih menyarankan kalo istri anda berani pake IUD, lebih bagus pake IUD aja, itu non hormonal. silakan bapak baca2 dulu informasinya di blog ini

  17. nama saya nunung,saya mau nanya saya kan kb suntik yang 3 bulanan,tp tubuh jadi semakin gemuk,itu karena apa yah? apa saya harus ganti implan?

    1. itu karena ada perubahan hormon di dalam tubuh Mbak Nunung. seperti yang saya tuliskan bahwa KB suntik itu adalah KB hormonal, efek sampingnya adalah perubahan reaksi hormonal di dalam tubuh, pada sebagian perempuan akan berpengaruh pada perubahan pola dan nafsu makan.

  18. umur saya 29 th,SAYA KB suntik yang 3 bulanan,tp kenapa ko tubuh saya jadi tambah gemuk,padahal saya sudah diet .apa yang harus sy lakukan?saya ingin langsing seperti dulu lagi? apa kb imlan tidak bikin gemuk?

      1. Numpang nanya nih.. Saya ikut kb implan yg 3thun.. Tpi waktu cabut nya sdah lambat 3bulan.. Gmna yah..?? Bahaya nggak..?? Tank’s mohon info nya dong.. Soal nya ud lambat 3 bulan nih…

      2. ngga bahaya sih, cuma sudah tidak berfungsi saja. sebaiknya sih segera dicabut, karena khawatir kalo kelamaan, akan tertutup jaringan lemak.
        terima kasih

  19. sejak saya memakai implant (1 thn) saya memiliki masalah dengan siklus haid yang berlangsung selama 2 bulan ( setiap hari) setiap kali haid. (rentang waktu 2 bulan tidak haid) setelah itu haid panjang. hal itu terjadi selama 1 thn ini. normalkah / cocokkah saya dengan Kb ini ??

    1. hai iyan…
      sebelum memakai implant, bagaimanakah siklus haid anda? satu siklus dihitung dari mulai haid hingga mau haid lagi…
      perlu diketahui mbak iyan, bahwa alat kontrasepsi implant itu adalah alat yang mengandung hormon sintetis. jadi pada saat implant dipasangkan akan memberikan pengaruh terhadap tubuh anda, salah satunya adalah perubahan hormonal di dalam tubuh. efek dari perubahan hormonal ini bermacam-macam, ada yang ‘lari’ ke nafsu makan, kulit, juga lamanya haid.
      pertanyaan anda adalah normalkan dengan kb ini? selama anda tidak mengalami keluhan lain seperti pusing mual dsb, itu cocok cocok saja. adapun siklus haid yang berubah, itu kemungkinan terjadi karena perubahan hormonal di dalam tubuh.
      trims

  20. aslm ,,,,mlkm?,,,pa sy salah satu pengguna infalan (susuk) dan skrang sy berada di arab saudi bersama kelurga ,,, yng saya tanyakan saat ini KB inplan sy 2bulan lgi sdah hbis waktunya sedangkan sy pulang ke indonesia 2 thn lagi ,,,apakah inplan yang saya gunakan seandainya di cabut dengan kelewat tahun exp,,?,,bisa berbahaya pada kesehatan saya atau ada hal lain yang bisa berbahaya?,,dan seandainya klw sy sekrang mau di lanjutkan dengan minum Pil Kb bisa tidak? pil Kb apa yang cocok nantinya buat sy ,,,,,terlma kasih untuk Bp\ibu yang mau jawab pertanyaan sy,,,( anggacilempong@yahoo.co.id)

    1. waalaikum salam…
      seharusnya sih implant-nya dicabut bu. saya tidak tau apakah di arab saudi ada dokter kandungan yang bisa membuka implant atau tidak. jika seandainya tidak, tidak apa-apa, selama memang hormonnya sudah habis. cuma yang dikhawatirkan adalah jika kelamaan di dalam tubuh, takutnya tertutup jaringan lemak yang menumpuk.
      tentang pil KB, silahkan saja meminum pil KB selama obat implantnya memang sudah habis, tp kalo masih ada, tidak dianjurkan untuk meminumnya.

  21. Hadi, bikin tulisan tentang pil KB yang bisa bikin kulit halus itu dong…., sama yang gak bikin gemuk itu….

  22. selamat pagi..
    saya mau tanya, apa benar klau memakai implant ga boleh angkat barang yang berat”..??? memang apa yang terjadi seandainya begitu..?
    dan apa benar harus jaga berat badan juga..?

    1. ah ngga juga bu.
      yg tidak boleh itu, angkat barang yg beratnya melebihi kapasitas yg bisa diangkat.
      apa yg seandainya terjadi? tangan ibu bisa patah kalo beban yg ibu angkat ber lipat2 dr beban yg biasa ibu bawa. kalo cuma sekedar bawa air seember mah gapapa kok.
      jaga berat badan? iya, supaya timbunan lemaknya tidak menebal. biasanya ada kasus yg implannya tidak teraba lagi, itu karena akseptro tersebut kegendutan, lapisan lemaknya terlalu tebal.
      trims

      1. klau malah sebaliknya.. bukan gemuk melainkan semakin kurus gimana mas..??? setelah melahirkan badan saya agak gemuk lalu saya pasang implan, semakin hari berat badan saya semakin menurun.. apa nanti berpengaruh terhadap implannya..?? maaf ya mas saya jadi banyak tanya..

        terima kasih sudah merespon pertanyaan saya..

      2. ga apa2 kok.
        ga akan berpengaruh terhadap implant. pola makannya dijaga aja bu. biar tidak terlalu kurus.
        memang, salah satu pengaruh obat kontrasepsi hormonal ini adalah berat badan. pada beberapa akseptor yg memang ‘berbakat’ gemuk, maka kemungkinan untuk menjadi gemuk akan lebih besar, dan begitupun sebaliknya, jika berbakat kurus, maka akan tetap kurus.
        gapapa banyak tanya juga, saya senang kok🙂
        trims udah berkunjung ke blog saya… semoga bermanfaat

      3. maaf ya mas saya mau tanya lagi..
        kenapa ya haid ga selesai” sudah 2 minggu..? apa karena pengaruh implan..?
        oia Dikira sudah selesai saya dan suami saya berhubungan, dan ga lama setelah berhubungan haid datang lagi.. berbahaya ga ya mas..? kira saya hanya sebatas bekas haid saja, tapi ko malah terus”an…

      4. kemungkinan itu memang karena adanya perubahan hormonal akibat pemasangan implant di tubuh anda. kalo masalah berbahaya atau tidaknya saya tidak bisa memastikan karena itu bukan wilayah saya. sebaiknya datangi tim medis untuk mendapatkan pemeriksaan, terutama mengenai kondisi rahim ibu Leghika.

  23. hallo,mbak setelah saya pasang implant,waktu haid bln depannya haid saya jadi gk teratur timbul flek flek tiap hari padahal da 3 bln saya pake mala kalau udah tgl mau haid darahnya byk dari biasanya tapi tiap hari kok ada flek selama tiga bulan ini ,

    1. saya mas, bukan mbak🙂
      halo mbak endang, kemungkinannya adalah karena sedang terjadi penyesuaian akibat adanya hormon dari implant. saya sarankan coba anda periksakan ke dokter/bidan yg memasangi anda implant, kalo memang anda didiagnosa tidak cocok, bisa langsung dibuka lagi dan diganti alat lain

    2. Malam dok? Saya ikut kb,implan dan saya tidak haid saya takut terjadi hamil dan setiap saya tes,urine hasil dari tespek berbeda2 ada,yg 2,garis ada,yg 1,garis apa artinya

  24. saya da 3 bln pake,implant tapi haid bln dpnnya kok timbul flek flek tiap hari,n kalau da tglnya dtg bulan kok darahnya lebih byk dari biasanya,gimana apakah normal,dulu ya perna kb suntik 3 bln tapi pendarahan juga selama 3 bln tiap hari apakah saya gk cocok juga pake inplant,makasih atas sarannya

    1. berarti kemungkinannya memang dari hormon yg ada di dalam implant tersebut, yang bereaksi dengan hormon di dalam tubuh ibu endang. tentang cocok tidak cocoknya, sebaiknya anda diperiksa dulu ke dokter/bidan… kalo tidak cocok, bisa diganti pake IUD

  25. salam, mas… mohon pencerahannya donk saya lg bimbang bgt. setahun yg lalu saya baru aja melahirkan caesar. dan setelah itu sempat kb suntik 3bulan tapi akhirnya ga saya lanjutkan krna saya takut jarum suntik:)
    akhirny slama ini pindah ke kondom tpi agak merepotkan. akhirny ada yg menyarankan tuk implant saja. duuwh.. saya jadi stress duluan nih. krna denger2 katanya pmasangannya sperti operasi kecil y? saya penderita anemia dan selalu merasa pusing hmpir setiap hari. apa ga apa2 y dgn kondisi sperti ini??
    mohon jika ada info2nya tntang implant ini bisa dikirim ke email saya sebanyak2ny…
    pliiis.. terimakasih

    1. kenapa gak pakai IUD aja mbak hikmah? bebas jarum suntik, dan anemia pun boleh menggunakannya.
      tentang pemasangan implant, sederhana saja, dengan cara melakukan sayatan kecil di lengan kiri bagian atas. pelaksanaannya pun dilakukan dengan cara yang aman. lenganpun diberi bius lokal terlebih dahulu. khusus untuk pengguna implant, suntik dan pil, harus dilakukan dulu pemeriksaan kesehatan terutama tensi darah, karena alat ini hormonal tidak boleh digunakan oleh penderita hipertensi.
      saya pikir, mbak Hikmah beralih cara saja ke IUD. lebih aman dan sekali pakai bisa sampai beberapa tahun.
      tentang informasi implant, bisa mbak cari di blog saya ini.
      trims

      1. saya pengguna kb susuk udah dpt 2 taun trus saya lepas kn d puskesmas..pengambilannya sgt sulit smpe sy kesakitan..kata bidan susuk udah terambil smua .ternyata pas sy raba susuk masih teras ada satu .trus yg mau sy tanyakan bgmn bila susuk masih tertinggal satu? sy udh trauma dgn cara pengambilanny..trima ksh sblmnya

      2. kalo masih ketinggalan ya harus diambil lagi. coba ibu dibukanya ke bidan lain yang sudah terlatih atau ke dokter spesialis aja bu.
        terima kasih

  26. sy udh 1 thn lebih kb implan tetapi 1 bulan belakangan ini kok menstruasinya agak lama ya sudah hampir 3 minggu, mungkin ga baru terlihat tidak cocok stlh 1 thn lebih.? tq

    1. bisa jadi mbak Dew. karena implant ini kan hormonal, bisa saja hormonnya menjadi tidak stabil. faktor fisik dan obat-obatan bisa memberi pengaruh terhadap instabilitas hormon di dalam tubuh.

  27. mbak saya mau tanya, saya baru pasang implant 2 minggu, pas pasang saya sedang haid, dan saat saya memasang implan saya baru selesaikan bulan melahirkan, sejak pemakaian sampai sekarang saya sering ada flek flek darah, kadang banyak kadang sedikit, apakah itu pengaruh dari pemasangan implan

    1. saya mas mas.. bukan mbak😀
      bisa jadi itu pengaruh dari implant yg dipasang mbak Yustini. Implant itu adalah alat KB hormonal, artinya mengandung hormon sintesis di dalamnya. hormon ini akan memberikan pengaruh pada tubuh sehingga di awal2 pemasangannya akan terjadi penyesuaian antara hormon tubuh dan hormon sintesis tersebut. salah satu efeknya adalah keluar darah, tp bukan haid (flek). jika berlangsung lama, saya sarankan periksakan kembali ke bidan (dokter) yg memasangi anda implant tersebut.

  28. Hallo
    Saya ibu dari satu anak, saya memakai implan sudah 2 thn dan berniat mencabutnya krn ingin punya anak lg, tapi sayangnya implan sy tidak bisa semua, masih tertinggal 1 lg, sy sdh berusaha mencabutnya dirumah sakit tapi asmpai sekarang masih belum ketemu dimana letak implannya, yg jd pertanyaan :
    1. apakah saya masih bisa hamil lg ?
    2. apakah bila saya hamil tidak berbahaya bagi janin saya krn mengingat implanmasih tertinggal satu dilengan ?
    Terima kasih ya…

    1. ibu, satu saja pertanyaan dari saya. apakah berat badan ibu menjadi bertambah selama terpasangnya implan? coba raba2 sendiri, kemungkinan implannya tertutup lemak. siapa tau?
      apakah masih bisa hamil lagi? insya allah bisa Bu. selama obat implant yg terkandung di dalamnya sudah habis, maka hormon yg mempengaruhi kekentalan lendir rahim pun habis, sehingga kondisi rahim kembali ke seperti semula.
      apakah implan berbahaya bagi janin? keliatannya secara tidak langsung tidak membahayakan bu. efek dari implant ini hanya menjadikan lendir rahim menjadi kental saja.

  29. hai..nama saya noni ada yg blang pakai implant..akan mengakibatkan payudara kita memar..dan akan menyebabkan kematian/apakah bnr atau tdak

    1. hai noni, nama saya Hadi. oke kita sudah berkenalan.
      itu Noni dapet info darimana?
      selama saya melakukan penyuluhan dan menjadi karyawan BKKBN, saya belum pernah mendengar ada kasus perempuan yang menggunakan implant yg mengalami memar payudara hingga mengalami kematian. justru yang saya temui adalah beberapa perempuan pengguna implant yang terus menerus menggunakan KB ini hingga menjelang menopouse.
      jadi, keliatannya info yang didapat noni itu masih dipertanyakan kebenarannya.

  30. sy mw tnya mas,,
    hmpir 3 thn ini sy pke implan, siklus haid sy dr awal pakai hngga skrg sgt tdk t’atur dan cndrung b’lbihn.. shngga sy khilangn brt bdn hmpir 10 kg.. mhon pnjelasn dan upaya apakah agar siklus haid sy kmbali normal.. thanks

    1. implant adalah alat kontrasepsi yang berbasis hormon mbak Sari. kemungkinan apa yg anda alami adalah imbas dari adanya hormon buatan yg ditanamkan dalam implant yang anda pakai. hormon tersebut mempengaruhi perubahan kadar hormon dalam tubuh anda sehingga memberikan efek pada haid. ada yang haidnya lama, ada yang sebentar.
      coba mbak sari hentikan dulu penggunaan KB hormonal, dan beralih cara ke kb non hormonal. KB hormonal adalah implant, pil, dan suntik. sedangkan kb non hormonal yaitu IUD atau kondom.

      sekarang kan sudah tiga tahun, sudah saatnya implant tersebut dicabut.

      salam

  31. ass,, nm sy tika umur 25 thn, sy pasang implant sejak bln oktober lalu, waktu di pasang implnt sy sedang haid, haid tidak teratur sampai 3 minggu,yg ingin sy tanya kn sampai bln ini sy blm haid jg gmn ya mas..trims

    1. Mbak Tika, selama ini apakah haid anda sering terlambat? Jika iya, kemungkinan siklus haid anda diatas 30 hari setiap bulannya. Tp jika tidak, kemungkinan keterlambatan haid yg sekarang terjadi disebabkan adanya perubahan situasi hormon di dalam tubuh karena adanya implant yg memang mengandung hormon sintetis.

  32. Bgni dok.. Istri sy sudah 6 bln ini pake kb imlant dan smpe skrg ini blm jg dpt menstruasi jdi gmn i2 dok.? Dan sudah 2 mggu ini tmpt yg di pasang imlant i2 kalo malam terasa gatal, gatal sekali,, dan di sekitarnya kulitnya bintik2 dan jg trs gatal2, jd i2 knp ya dok.? Thanks

    1. wah, mungkin alergi ya pak?
      sudah pernah diperiksa ulang belum? kontrol ulang pasca pemasangan…
      tentang belum menstruasi, itu pengaruh dari hormon sintetis dari implantnya pak.
      coba pak franky ajak istrinya untuk memeriksakan terlebih dahulu. kalo memang masih seperti itu, saran saya sih lebih baik dibuka aja pak, diganti dengan alat KB yang lain
      trims

  33. makasih ya atas infonnya,coz q kskrng lgi pakek kb implant kok badan q tambah kurus ya????trus haidnya gak berhenti-henti

    1. sudah diperiksa ke dokter belum mbak? mengenai kurus ini bisa banyak faktor.

      untuk masalah haid yang lama, mungkin saja ini ada hubungannya dengan perubahan situasi hormonal di dalam tubuh anda karena adanya hormon sintetis dari implant yang dipasangkan. perubahan situasi hormon ini memberi pengaruh pada siklus haid anda.

  34. Hai mas Hadi, senang deh punya informan penulis blog yang ramah dan bertanggungjawab. kebanyakan pemilik blog sering menulis suatu topik tp, tidak mau menjawab pertanyaan2 pengunjung. bravo! saya ibu satu anak, 3 bulan yg lalu pasang implant dan belum pernah haid cuma ada flek-flek di dua bulan pertama, dibulan ini sm sekali ga ada. pertanyaan saya. apakah haid yg tdk datang menandakan ketidakcocokan? mungkin ga terjadi kehamilan?

    1. belum tentu tidak cocok mbak..
      mengingat implant ini adalah metode KB hormonal, maka kemungkinannya akan mempengaruhi hormon di dalam tubuh sehingga akan mempengaruhi proses menstruasi. pada beberapa kasus yang menggunakan metode KB hormonal (pil, suntik, implant), kadang memang siklus menstruasi menjadi tidak teratur karena pengaruh hormon sintetis yang terkandung di dalamnya.
      nah pada kasus mbak Diah, bisa saja siklus menstruasi mbak menjadi terganggu karena hormon di dalam tubuh menjadi tidak stabil sehingga mempengaruhi proses menstruasi.
      nah untuk memastikan hamil atau tidak, silakan di cek ke dokter kandungan, sekalian juga dicek mengenai menstruasi anda. mudah2an tidak hamil dan menstruasi anda kembali lancar ya🙂

  35. mkch.ne mw nanya wktu pzang implan BB qw 45kg,zkrg jd 37kg.kuruz bgt ne,apa tdk c02g iia?menz jg dkit2,tpi brkpnjgn’?mhn jwbnya.mkch

    1. wah bisa jadi tuh, karena ada ketidak cocokan hormon dalam implan dengan hormon yang ada di tubuh.
      coba konsul ke dokter yg masang implant, kalo bisa sih ganti cara ke IUD aja

  36. salam mas,sy 36th,psng inplan unk yng ke-2 kali.waktu yg pertama yng sy rasakan seperti yng lain,sering ngeplek, haid sering tidak tratur,bahkan sering terjadi haid sampai lebih dari 1bln.tapi untuk yg ke-2 ini sy pasang baru 4bln.dari sejak pemasangan tdk mendapat haid.Akibatnya sy sering merasa pusing,pegal2 di daerah pinggang dan badan sy jd naik timbangannya.mohon diberi solusi,knp kok bisa beda,konsidi pd pemasangan pertama sama yg kedua ini.Bidan tempat sy pasang sama koq.trimakasih.

    1. sudah dikonsultasikan ke dokter belum?
      bisa saja ini terjadi karena adanya perubahan kadar hormon dalam tubuh mengingat anda dipasangi implant lebih dari tiga tahun. sebaiknya diselang dulu dengan menggunakan alat kontrasepsi non hormonal (IUD atau kondom).
      saran saya coba konsultasikan ke dokter agar mendapatkan pemeriksaan rahim terlebih dahulu🙂

  37. pake implant bisa bikin gemuk gak? trus bikin wajah ngeflek gak ya? saya dulu pernah pake IUD tp banyak keluhan akhirnya saya lepas……

    1. Implant sih nggak. Gemuk sama flek juga jarang terjadi meskipun itu mengandung hormon. Cuma ya karena implant sifatnya hormonal, jd tidak boleh dipakai jika anda punya penyakit darah tinggi, jantung dsb. Tp kalo tidak ada penyakit itu, silakan saja.

      Oya, dulu keluhan pake IUD apa?

    1. pertanyaan yg sulit, membuat saya cari jawaban ke sana kemari.
      menurut salah satu paramedik yg saya tanyai pertanyaan ini, kenapa implant dipasang di bawah kulit, karena hormon yg terkandung di dlm implant baru efektif bekerja subkutan.
      kenapa di lengan, karena otot lengan lebih tebal dan lengan merupakan organ ekstremitas sehingga hormon yang terkandung dalam implant akan lebih adekuat. kenapa pada lengan, karena lebih aman, lengan lebih kuat dan terlindung dibandingkan organ ekstremitas lain.
      selain itu, pada subkutan terdapat banyak pembuluh darah sehingga hormon akan lebih mudah terserap untuk beredar dan menuju rahim.

      -__- pertanyaan yang susah -__-

      1. maaf kak..hehe
        penasaran aja..soalnya setiap org yg sya tnya jwab nya sma aja..klo ttg penyerapan hormonnya gak pernah ada yg jawab..
        trus kalo baca d buku juga gak ada penjelasan yg rinci bgt..
        tp beredarnya hormon itu th mnju rahim gt??bukan mempengaruhi hormon lainnya biar turun trus bru dh gak trjadi ovulasi???

  38. saya pake itu, dan efeknya emang haid tidak teratur…….kadang sama sekali tidak haid, kalo haid itupun cuma sedikit n singkat. 4 bulan terakhir parah, haid bisa sampe 1 bulan😦 kasihan anakku kan y masih menyusui cos kalo lg haid emang ternyata pengaruh terhadap ASI. Anakq jadi nggak antusias menyusu n kasihan suamiq jadi puasa 1 bulan penuh. Hal ni membuatq jadi pengen mengeluarkan susuk KB dari lenganq. Apa ada solusi dari semua ini?

    1. masih ASI ya? ASI eksklusif ngga?
      kalo memang sedang ASI eksklusif, kemungkinan memang ada pengaruh dari pemberian ASI. coba anda baca metode amenorhea laktasi di blog ini.
      mengenai haid yang tidak teratur, bisa saja karena memang ada pengaruh prolaktin ketika ASI EKslusif, bisa juga karena pengaruh hormonal dari implant tersebut. kalo memang hormon implant yang mempengaruhi siklus haid anda, mungkin anda perlu memikirkan berganti cara ke IUD yang lebih aman.

      sebenarnya hormon di dalam implant itu tidak berpengaruh terhadap ASI, dia adalah hormon progestin yang sama sekali tidak mempengaruhi ASI. jadi ASI akan tetap lancar keluar. anaknya yang tidak antusias, mungkin disebabkan kurang komunikatifnya ibu, atau air ASI yang keluar kurang banyak. coba anda banyak2 makan sayur katuk dan bayam, biar ASInya makin banyak.
      kalo pengen mengeluarkan implant ya silakan saja, tapi menurut hemat saya, anda konsultasikan dulu ke dokter sebelum anda melepasnya.

  39. saya ibu berusia 27th,yang ingin saya tanyakan apakah memakai kontrasepsi implan ketika hamil bisa menyebabkan keguguran??terima kasih mohon penjelasannya

  40. maaf saya mo nanya sya smpet konsultasi katane jika pake implant jika keluar drh selayaknya ttp beraktivitas seperti biasa cz katane darah yg keluar bukan drh mens jd msh hrs wajib sholat n berhubungan dg suami…mohon dijelaskan lagi cz saya masih agak bingung soalnya stlh pake 1thnan lbh g mens trs mens tp siklusnya jd lama n kadang cuma flek2 ja….trimakasih…

    1. darah yang keluar adalah menstruasi apabila dia terjadi secara berkala dan bersiklus. jika hanya keluar sedikit saja, bisa jadi itu flek. saya kurang tau untuk kajian fikih, apakah tetep solat atau tidak. kayaknya kalopun tetep solat, harus bersih dulu, mandi wajib gitu deh.

      1. trimakasih jawabannya ya mas…tp mo tanya lagi ni nek darah mens tu yg gimana ya,sya sering banget jd lemes n rasane mudah cape pa tu jg pengaruh dr implan,sering jg pusing/migrain….trimakasih atas jawabannya n maaf jika terlalu banyak tanya…

      2. darah haid gimana ya? ada pembaca yg bisa jawab???
        mudah capek,pusing bisa saja pengaruh dari perubahan hormon yang disebabkan adanya hormon dari implan.

  41. maaf saya baru pakai kb implan sekitar 2 bulan setengah. sebulan telah memakai saya langsung mendapat haid setelah 9 bulan tidak haid (selama saya memberi asi ekslusif). tapi, sekarang haidnya lebih lama dan kurun waktu yang pendek. sebulan 2 kali haid, terus darah haidnya sedikit. badan juga menjadi lemes, panas disertai dingin yang menggigil. sering haus dan buang air kecil….apa yang harus saya lakukan. mohon informasinya…trim

    1. sudah diperiksa belum mbak Bebadra?
      coba periksakan dulu, barangkali ada penyakit yang belum mbak tau.
      kalo memang ternyata tidak ada penyakit, bisa jadi itu pengaruh perubahan situasi hormonal di dalam tubuh mbak, karena dipasangi implant.
      kalo memang menunjukkan gejala ketidak cocokan, anda ganti saja pakai IUD. tapi saya menyarankan sebelum anda menggantinya, anda konsultasikan dulu dengan dokter ahli.
      trims

      1. Salam,,sy ibu 2 anak 3oth,7 th pake implan bru lepas n lpasnya terlmbat sbulan,trus gnti pil marvelon 28,,,tp kq g haid sebulan ini???agak mual,tp test bolak balik g hmil,,pdhal wktu implan haid teratur…mhon ktranganya..

      2. salam mbak Sendy
        mungkin karena perubahan situasi hormon ya? pil marvelon itu bukan pil Kb khusus menyusui kan ya?
        nah kalo implant, kandungan hormonnya sama dengan pil KB menyusui. jadi kemungkinan ada perubahan situasi hormonal yang berpengaruh terhadap siklus haid. akibatnya siklus haid mbak menjadi terlambat.
        semoga membantu

  42. Asw. maaf mas, mau tanya, efek samping kalo memakai alkon hormon katanya, bisa timbul flek di wajah itu di akibatkan dari apa ko bisa timbul flek, itu bisa hilang g, trus satu lagi mas, maksimal pemakayan tiap alkon berapa waktu sekali harus di selang non hormonal, seperti suntik, pil dan susuk. banyak terimakasih bila mas segera menjawab ^_^ jazzakallah…

    1. iya, itu efek dari hormon sintetis yang ada di dalam alkonnya. bisa hilang jika pemakaian dihentikan. tidak semua orang seperti itu kok, cuma pada beberapa orang saja yang seperti itu.
      selang pemakaian? yang penting tidak bertahun-tahun. idealnya sih dua tahun, diganti cara ke non hormonal.

  43. aslmkm maaf mau tanya,sbnrnya lbih aman mana IUD sama Implant ya?.karna skarang saya lg binggung… sbenernya saya pengen mencoba kb implant… tp masih ragu”…dan kalau implant itu ada efek samping nya ga ya? mohon penjelasanya… n tx

    1. waalaikum salam,
      lebih aman mana? keduanya sebenarnya aman. cuma beda tempat dan cara pemasangan. untuk implant dia dipasangkan di lengan kiri (agak ke atas). dipasangkan dengan cara ‘menanam’nya di bawah jaringan kulit diatas daging. sedangkan IUD dipasangkan di dalam rahim.

      mengenai efek samping implant ada di tulisan saya yang lain di blog ini, silakan mbak search aja.

      saya sih lebih menyarankan untuk IUD. mbak bisa baca keuntungan dan kerugian IUD di blog ini.

      trims

  44. salam….
    saya melahirkan bulan Nopember 2011. dua bulan kemudian saya memasang alat kontrasepsi susuk tetapi sampai dengan sekarang saya belum mendapatkan menstruasi apakah berbahaya bagi kesehatan saya karena belum mendapatkan menstruasi ???

    trims…

  45. salam. kmrn istri saya pasang implan.
    tp stelah pemasangan tangan.a pegel2 dan
    sering mengalami rsa gatal..
    kira2 gal sprti itu bhaya ga?

    1. sebelumnya istri anda mempunyai riwayat alergi tidak pa?
      bisa jadi itu memang dari implant tersebut, coba periksakan ke dokter/bidan, mungkin akan diberikan obat anti alergi.

  46. hallo ..
    Pak saya kan udah make kb implant 1 thn lebih kdang2 haid suka lebih 1 mggu tapi stiap blan nya lancar, untuk dibulan ini saya belum haid pdhl sudah lewat tanggal .. Ini Gimana ya ?

    1. sudah diperiksa belum?
      secara teori, implant itu mengandung hormon yang berpengaruh terhadap siklus haid. ada banyak faktor yang membuat haid bisa datang terlambat, salahsatunya adalah tingkat stress yang terjadi pada diri anda.
      untuk memastikan kenapa belum haid juga, coba anda lakukan pemeriksaan menggunakan test pack.
      terima kasih

  47. Assalamu’alaikum pak….salam kenal…Saya Desy (27th)
    Berguna sekali nih blognya pak…saya mau tanya nih. Setelah melahirkan anak ke dua, saya kb suntik 3 bulan, setalah 3 kali suntik 3 bulanan, dokter obgyn menyarankan untuk ganti implan dengan masa pakai 2 tahun, yg saya tanyakan, unt jangka waktu 2 tahun itu, brp banyak implan yg akan di pasang??

    1. Selama mbaknya ga menderita hipertensi sih boleh2 aja…
      Sebaiknya di cek dl tekanan darahnya sebelum dipasangi implant, dan dikonsultasikan dg dokter SpOG

  48. saya mw brtnya…apakah ada efek yg lain stlh pemasangan implant pertama kali…spt yg saya alami pd saat sya psang implant pertama kali saya sdg haid hari ke 5….lalu stlh pemasangan brjln 1mgg tba2 saya dpt menstruasi lg yg smpai wktu 1mgg jg blm berhnti…!!!!lalu bgaimna cra mengatasinya…????

    1. implant itu mengandung hormon, jadi memang kemungkinan akan mempengaruhi siklus haid.
      biasanya dokter ahli akan memberikan obat jika darah yg keluar lebih dr 15 hari

  49. Pak hadi,saya ibu dr 1 anak.umur 25th.udah pake implan 2th.knapa badan saya makin kurus ya pak?dr prtma pake smp skrg turun 10kg .apa saya lepas saja implan nya ya pak?katanya kalo pake implan kalo jadi kurus,mau gemuk lg susah.terimakasih pak atas perhatianya.mohon di balas ya

    1. udah berapa lama pakenya bu?
      implant itu memang hormonal contraception, efeknya ke tubuh bisa macem2.
      silakan saja kalo mau dilepas bu. saran saya, sebelum benar2 melepasnya, coba konsultasikan dulu ke dokter ahli kandungan.

  50. selamat siang mas,saya pake implan sudah 2x, yg pertama sudah d buka terus lsg masang lg..apakah nanti jika saya mau punya anak lg butuh waktu berapa lama ya menormal kan rahim saya,yg kedua ini udah sattj tahun
    umur saya 29, sudah melahirkan 3 orang anak..
    terus apakah bisa kita pake implan tiba tiba hamil..
    terimakasi

  51. sejak 12 th yang lalu saya pake impaln yg jangka waktu 3 tahun. pernah waktu bongkar pasang 2 kali berturut2 dianjurkan untuk pakai kb suntik dl selama setahun. baru nanti bisa pasang implan kembali. apa benar anjuran seperti itu mas? dan kalo mau tahu hormon itu masih ada atau gak setelah implan sdh hbs masa berlakunya?

    1. iya, memang ajnjurannya seperti itu, selang seling.
      tapi kalo bisa selang seling nya sama alat kontrasepsi non hormonal seperti IUD.
      kalo implant sudah habis masa berlakunya, hormonnya sudah tidak ada.

  52. Selamat sore mas..Saya mo tanya nich,suami saya orang asing,sex nya kuat,cepat dan sering(sehari bisa 3-4x),waktu berhubungan mr p suami saya kadang saya rasakan sampai mentok….yang ingin saya tanyakan: alat kontrasepsi apa yang lebih cocok,lebih aman dan resiko hamilnya lebih sedikit antara IUD atau IMPLAN?Tolong jawabannya dikirim ke e-mail saya aja ya mas.
    Terima kasih banyak.

  53. salam…mas , istri saya pakai implant baru sebulan tapi kok kulit wajah tu kaya jadi kering gitu loh…kira2 apakah itu efek dr implant?

    1. ada kemungkinan pak, soalnya implant itu kan metode kontrasepsi hormonal, jadi kemungkinan akan berpengaruh terhadap hormon alamiah di dalam tubuh.
      tapi saya tidak bisa memastikan, sebaiknya lakukan pemeriksaan terlebih dahulu. jika iya itu dari implant, minta pendapat dokter ahli untuk penanganannya.

      trims ya

  54. mbk sya mau tanya ni,sy pke implant udah 1 thun setngh tpi slma itu pula sya tdak pernah datng haid,,yng sya mau tanyakn apkh bsa menybbkn ssh untuk hamil lagi,,,trims.

    1. implant itu KB hormonal, bisa mempengaruhi siklus haid kalo tidak cocok.
      bisa saja hamil lagi, tapi harus ada jeda sekitar 6 bulan sampai satu tahun setelah pencabutan implant

      salam

      1. obat pelancar haid seperti apa bu?
        ada baiknya dikonsultasikan dulu ke dokter kandungan, untuk meminimalisir efek yang ditimbulkan

        salam

  55. asalamualaikum mas, saya mau tanya,, saya menggunakan Kb implan stlah masa nifas habis, stlah pasang saya dapat menstruasi 1 bulan 2 kali haid yaitu di awal bulan dan diakhir bulan, kemudian setelah itu tidak menstruasi sama sekali sampai 10 bulan…trus pada bln ke 11 ini saya dapat menstruasi… kenapa haid saya gak teratur ya? trus apa ada bahayanya?

    1. ada banyak faktor yang menyebabkan haid gak teratur, bisa karena menyusui, atau juga karena adanya hormon sintetis dari implant yang mempengaruhi siklus haid. bisa juga karena faktor kecapaian, makanan, dsb.

  56. Aq dah 3 kali pemasangan implan,yg ke 3 ini baru 2 bulan tapi sering mengeluarkan bercak-bercak merah kecoklatan hampir 14 hari,terkaang sebulan 2 kali.Apakah aq harus ganti KB?

    1. sudah diperiksa belum? coba kontrol dulu mbak, sebaiknya di USG untuk mengetahui kondisi rahimnya.
      tapi jika memang itu dari implant, ada baiknya ganti cara pake KB non hormonal

      trims

    1. mbak susi ada riwayat alergi ngga? coba diperiksa dulu, barangkali memang ada riwayat alergi. kalo iya, bisa minta obat anti alergi ke dokternya.
      trims

  57. ASS. sbelumnya saya pake KB suntik yang tiga bulan dan tidak pernah haid. kemudian berganti ke implan sudah 3 bulan dari pemakaian implan sampai skarang belum haid juga.kira-kira aman tidak kedepannya jika tidak haid terus?

    1. wass
      aman nggak-nya saya kurang tahu. tapi jika melihat teori, seharusnya haid itu terjadi secara berkala (bersiklus. 1 siklus haid antara 21-40 hari).
      coba konsultasikan ke dokter spesialis untuk memeriksakan penyebab lambatnya haid anda. dugaan saya kemungkinan karena situasi hormon yang terpengaruh Implant/suntik sehingga siklus haid terpengaruhi.

  58. Ass, April 2008 saya pasang kb implan, Agt 2010 saya lepas implan karena saya merasa tidak cocok, tubuh saya jd kurus dari berat 45 menjadi 40. Lalu saya putuskan lepas implan, tp saya kaget ketika lepas implan, ternyata implan telah patah. kata bidan mungkin masangnya g pas. proses lepas implan juga agak lama 1 jam. pdhal teman saya lepas implan cuma 15 menit dan 2 bulan kemudian hamil. 2 bulan kemudian saya pegang lengan ada benjol didalam lengan, saya lalu kedokter (sampai rongent) tp kt dokter tidak ada yg ketinggal, mungkin itu jaringan parut. kt dokter krn implan patah mungkin hamil lg agak lama. sampai sekarang saya belum hamil, saya juga sudah minum obat penyubur. Pemeriksaan apa yg harus saya lakukan? Trims

    1. waduh, saya turut prihatin ya. saran saya anda periksa ke dokter spesialis OBgyn untuk mendapatkan solusi yang tepat karena melalui pemeriksaan terlebih dahulu.

  59. dear penulis, thanks infonya byk membantu. sehub dg tulisannya ada beberapa pertanyaan mohon djwb:
    1. apakah efek ketidaklancaran haid dikarenakan implant (bs lambat bs cepat) itu berbahaya? klo tyt byk yg mengalami demikian apakah jika ‘dinikmati’ begitu saja ada efek sampingnya?
    2. apa pengaruh implant bagi pemderita tumor payudara?
    thanks in advance…

    1. Dear pembaca, thanks juga ya udah mau baca tulisan2 saya🙂
      untuk pertanyaan anda, saya konsultasikan langsung dengan ahlinya karena saya sendiri tidak bisa menjawabnya karena itu sudah berada di area medis.
      ini adalah jawaban dari dr.Handy Intan, SpOG. dokter spesialis kandungan di Jakarta.
      1. Obat dalam implant sama persis dengan obat dalam KB suntik 3 bulanan, sebagian besar pasien tidak mendapat haid, kadang hanya bercak2 haid saja. ini terjadi karena obatnya hanya menghalangi pertumbuhan darah haid sehingga tidak ada yang dibentuk jadi tidak ada yang keluar sama sekali. tidak bahaya karena bukan mampen, tapi tidak bisa keluar karena darah haidnya tidak dibentuk,

      2. Untuk pemakaian jangka waktu lama (hingga 4 tahun berturut2) baik implant ataupun suntik 3 bulanan diakui dapat meningkatkan resiko tumor payudara, tapi untuk pil KB dan suntik 1 bulanan jelas dilarang pada pasien yang sudah ada ataupun riwayat pernah tumor payudara karena obatnya mengandung estrogen yang memicu tumbuhnya tumor payudara.

      demikian

    1. ada kemungkinan, karena hormon estrogen yang terkandung di dalamnya mempengaruhi keseimbangan hormon tubuh.
      untuk lebih jelasnya harus diperiksa dulu supaya diketahui asal nyerinya dari mana

  60. mas… istri saya umur 30 tahun sudah 17 bulan ini memakai KB implant setelah punya anak pertama, tapi mulai dari pasang implant sampek sekarang belum juga haid, gimana mas ??? berbahaya atau tidak buat istri saya, saya takutnya kalo terjadi penumpukan darah kotor di kandungannya.. mohon penjelasannya dan sarannya ??

    1. ini adalah jawaban dari dr.Handy Intan, SpOG. dokter spesialis kandungan di Jakarta.
      1. Obat dalam implant sama persis dengan obat dalam KB suntik 3 bulanan, sebagian besar pasien tidak mendapat haid, kadang hanya bercak2 haid saja. ini terjadi karena obatnya hanya menghalangi pertumbuhan darah haid sehingga tidak ada yang dibentuk jadi tidak ada yang keluar sama sekali. tidak bahaya karena bukan mampet, tapi tidak bisa keluar karena darah haidnya tidak dibentuk,

      2. Untuk pemakaian jangka waktu lama (hingga 4 tahun berturut2) baik implant ataupun suntik 3 bulanan diakui dapat meningkatkan resiko tumor payudara, tapi untuk pil KB dan suntik 1 bulanan jelas dilarang pada pasien yang sudah ada ataupun riwayat pernah tumor payudara karena obatnya mengandung estrogen yang memicu tumbuhnya tumor payudara.

      demikian

  61. apakbr dokkk,semoga slalu sehat, dok saya mau tanya sedikit heheheheh tentang imlan saya,saya pasang imlan sudah 1,5 thn lalu saya lepas karna ada sedikit masalah kesehatan.saya pasang ada 2 jarom tpi ketika dilepas tinggal 1 yg satunya tidak ada .menurut dokter gimana ya? terusapa akibate dri hilangnya susuk itu.sedangkan jk hilang kemanakah jarumnya ,trimakasih atas penjelasanya

  62. wah kebetulan aku juga pake implant, waktu awal pemakaian aku ga haid ampe 9 bulan, di tambah lagi rambut sering rontok, tapi setelah masuk tahun ke dua badan ku jadi lebih berisi dan bahkan rentan kegemukan.. tapi masih bisa di atasi dengan mengatur pola makan, kalau menurut ku sih implant memang pilihan yang baik buat orang yang pelupa seperti saya😀

  63. Halo mas,saya mau share tlng dibantu ya?istri saya sdh memakai implan slm 7bln.tp setiap bln haidnya lama smp 3minggu.setiap awal mulai haid istri saya merasa pusing berat disertai mual dan kondisi badan yang menurun drastis.apa tu tanda tidak cocok?saya baca artikelnya bp.Supriadi ,M.Kes ktnya tu tanda tdk cocok dengan implan dan hrs gnti dengan yg lain.trs saya mendatangi rmh skt yg memasang implan ktnya tdk boleh dilepas tu ketentuan jampersal.ini harus gmn y mas lepas apa tdk.trims

    1. bisa jadi memang tidak cocok mas…
      daripada membahayakan mending lepas saja di dokter swasta mas…. lagipula jampersal itu tidak sampai berbulan2 kok

    1. sedikit ngeri sih, bukan dibelah bu, cuma dibedong… hehehehehe…
      ngga dibelah kok, cuma sedikit ‘dibuka’ biar implantnya bisa dimasukan ke bawah kulit.

  64. Istri sy pake implan skitar 4 bln skrang tetpi istri sy sering drop sprti tubuh panas dn pada nyeri smua d tubuhnya, itu apakah akibat dr efek implan….

  65. saya mau tanya, klo mau buka implan, ada bekas sayatannya tdk ya di lengan? saya kulitnya putih, malu kalau nanti ada bekas waktu buka, aku rencana mau pake kb susuk yg 3 thn. tks

    1. sekali pake? implant sih memang sekali pake, ada yg 1 taun atau 3 taun.
      saya kurang tau kalo ada merk baru… karena saya dilarang menyebut merk di sini.

  66. salam,,,mau tanya donk sy bru tgl 4kmaren pke kb implant,,,kira2 dah bsa brhub suami istri gk ya??

  67. Tepat tagl 16 febuari kemarin
    Kb implant sya habis. Tpi bru saya cabut tgl 28 febuari. Lalu, apakah sya bisa hamil walau implantnya blom di cabut?????
    Terimksh.

  68. ASs dok,saya ibu sahara saya baru memakai kb implant,apaa kah kb implant bisa membuat timbangan saya bisa turun sekarang berat badan saya 65kg,
    ,Saya mau kurus lg dok,,
    Tolong di jawab ya dok,mkasih

    1. wasslm.
      agak susah ya bu siti sahara, soalnya implant itu hormonal, dan akan mempengaruhi nafsu makan. kemungkinan untuk gemuk sangat besar. mungkin ibu perlu diet sehat. sudah coba food combining bu?

  69. Ass..pak sya mau tanya apa memasang kb implan itu efeknya k jantung yaa.?soalx sy bru psng implan,trus jantung sya sllu dag dig dug,kdang trasa sakit d jantung..makasih paak..mhon d bls yaa

    1. menurut referensi, implant ini tidak boleh dipasang pada penderita darah tinggi/jantung/diabetes dan penyakit degeneratif lainnya. sebaiknya ibu ganti pakai IUD saja. karena implant itu hormonal. saya pernah membahasnya kok. salam

    1. Malam mas
      Saya mau tanya,bahaya nggak pendarahan akibat implant. Dan bajaya tidakberhubungan ssaat terjadinya pendarahan. Terima kasih infonya.

      1. berhubungan saat pendarahan sebaiknya dihindari dulu.
        pendarahan akibat implant, biasa terjadi pada beberapa kasus setelah pemasangan implant. nanti juga akan normal lagi.
        salam

  70. Ass,,aq mnta saran nya dong..aq kan pasca melahirkan mke suntik KB-3bln…sdh 3 kali suntikan jadi 9bln ga haid jg
    …trus q psang implan…sdh 1bln lebih jg tidak mengalami haid…aq merasa takut apa ada efek nya nanti kalo kelama’an gak haid…tks nya…wslm…

  71. Saya mau nanya nie kan saya udah pasang implant 1thn tp koq masih tidak teratur menstruasinya 1bulan kadang cuma 1mggu berhentinya apa tidak bahaya? Atau saya harus ganti kbnya

    1. sudah coba kontrol belum mbak Azizah? karena implant ini hormon, emang akan sedikit berpengaruh terhadap siklus haid. sebaiknya anda kontrol dulu ke dokter kandungan/dokter yang memasangi implant anda. siapa tau ada faktor lain.

  72. Ass mas hadi,
    Maaf mau tanya, ibu saya umur 53 th dan sdh manapouse di umur 49 th. Ibu saya menggunakan kb spiral yg 8 th namun skrg sdh 15 th blm diambil.
    setelah di usg tdk terlihat spiralnya, tp pas diraba pake alat kata dokternya berasa cm dilayar usg tdk terlihat. Dokter menyarankan untuk operasi.
    mohon dijelaskan operasi seperti apa yg nantinya akan dijalani ibu saya, operasi kecil atau besar dan apa ada efeknya dll mengingat ibu saya penderita asam urat, kolestrol, dan ada keturunan diabetes , belakangan ini normal si diabetesnya.
    saya sgt khawatir dg operasi itu takut knp2 .
    Apa ada cara lain ?
    Terima kasih mas

    1. Waalaikum salam Mbak Rhanie
      menurut Mbak Ajen (salah seorang paramedik kawan saya), katanya memang harus operasi. tapi tenang, operasinya bukan operasi besar kok. tapi tetep harus konsultasi dulu ke dokter, untuk mengetahui kondisi IUD nya.
      terima kasih.

  73. Siang, pak saya skrng memakai kb suntik 3bulan
    BB saya malah bertambah berat
    Apakah kalau saya pake impant BB saya akan turun kembali normal seprti semula?

    1. Halo indri. Pada dasarnya implant itu sama seperti suntik, dia memakai hormon sintetis yg akan mempengaruhi hormon tubuh. Salah satu efeknya menaikan berat badan.
      Tapi tergantung tiap individu sih, efeknya bisa beda2. Saran saya kalo tidak mau naik berat badan, mending coba iud aja. Krn dia cuma alat, ga ada hormon2an.
      Salam

  74. salam mas hadi saya mau bertanya nih boleh kan dan boleh dong q kan pakai implan nih nah uah 1th tuh blm dapat menstruasi itu masuk dalam kategori wajar g yah? terus berat badan juga naik dan susah bagt buat turunnya apakah pnya saran untuk menurunkanya???trimaksih dan mohon di jawab yah karena saya mulai stres nih,,

    1. Salam angesti
      memang implant itu hormonal sih ya jd berpengaruh ke siklus mens. Kalo melihat dari lama pemasangan yang sudah satu tahun, sepertinya mbak harus segera kontrol ke dokter kandungan. Oya, nggak mens itu bisa juga karena faktor stres loh. Mbaknya banyak pikiran ngga? Atau krn badan pengen kurus jd kepikiran terus makanya jadi stres?
      Saran menurunkan bb? Udah coba food combining belum mbak?
      Bukan diet sih, tapi ngatur pola makan aja. Coba deh pelajari teknik food combining, mudah2an bisa nurunin bb nya sekaligus mengembalikan siklus mens nya.

      Salam

  75. Mau tanya mbk/mas,kakak saya pake implant,tp akhir2 ini dia sering sekali begadang lembur,lalu wakt haidnya jd lama skali smpai 2 mggu lbh,bhkn darah yg keluar gumpalan2 sbsar ati ayam,kra2 itu penyebabnya apa dan berbahaya atau tdak?

  76. assalamu’alaikum,, mas, sy mw nanya ni. saya pasang implan 4 hari yang lalu, apakah plester pd lukax sdh boleh dlepas dan boleh terkena air?? td jg saya mengangkat air satu bak dengan kedua tangan, isi airx sekitar 1 ember penuh. apakah itu berbahaya dan berpengaruh pd implan?? apakah tidak apa2 juga jika mengangkat anak saya dengan berat 8,5 kg??

  77. Assalamu’alaykum,, sy mw nanya mas. 4 hari lalu sy pake kb implan, dan td saya mengangkat 1 bak air, kira2 isinya sekitar 1 ember penuh dengan kedua tangan saya.

    1. Apakah itu berbahaya dan berpengaruh pd implan?
    2. Apakah plester luka sudah bisa dlepas total n bisa kena air?
    3. Apa ga apa2 jika saya mnggendong anak saya yg beratx 9 kg?

    Oh ya satu lagi, sepupu saya setelah melahirkan anak pertama langsung menggunakan 3 kb sekaligus (pil, implan, suntik). tp kenapa bisa kebobolan juga, shingga sekarang saat anak prtamanya baru berumur 11 bulan, dia melahirkan lagi anak kedua. tp dia tidak menyusui sama sekali pd anak pertamanya. Pertanyaanx kenapa dia bisa kebobolan pdhal dia memakai 3 KB sekaligus?? Sekian prtanyaanx, maaf banyak nanya banget. Terima kasih. Wassalamu’alaikum.

    1. Waalaikum salam bu ummu qonitah
      1. Ga apa2. Tapi kalo bisa jangan dulu yg berat2 krn takutnya lukanya belum kering.
      2. Biasanya lukanya akan mengering antara tiga hari sampai seminggu.
      3. Ga apa apa kok bu.

      Tentang sepupunya.. Cukup satu saja bu. Masalah kebobolan, bisa saja terjadi. Krn pil implant maupun suntik kan alat buatan manusia. Dan memiliki resiko kegagalan

  78. Sya sdh memakai kb inflan slma 3 thn. Da akn di bka 2 bln lg. Apa bs di buka dan di pasang kmbli yg bru sblm wktu ny hbs.???

      1. Maaf tiga hari kemaren saya ke luar kota. Nanti saya jawab. Harap sabar ya bu. Ini kan blog gratisan dan saya moderasi.. Trims

    1. Bu fitriyani, sudah brp kali pakai implant? Kok lama banget baru dilepas thn 2015?
      Kenapa ga hamil juga ya? Ada kemungkinan karena masih pekatnya lendir rahim sebagai akibat dari bekerjanya hormon dari implant tersebut. Pekatnya lendir rahim ini mempengaruhi pembuahan, akibatnya jd susah punya anak. Demikian.

  79. assalamualaikum mas, saya mw tnya, saya pertama pake implan sejak rabu kemaren dan tidak diminta untuk kontrol, apa ga apa2 jika saya gunakan untuk mengangkat berat semisal anak, air seember atau nyuci?? berapa hari lukanya sudah bisa kena air?? sepupu saya menggunakan 3 kb sekaligus ( pil, suntik dan implan ) kenapa masih bs kebobolan sehingga sekarang melahirkan lagi??

    1. Waalaikum salam ummu qonitah. Maaf baru dibalas. Gpp sih kalo mau ngangkat2, asal msh dalam taraf yg masuk akal saja. Air seember atau nyuci mah ga masalah.
      Trus kalo luka, biasa mengering antara 3 hari sampai seminggu. Setiap orang berbeda beda.

      Tentang sepupunya, kenapa harus 3 kb sekaligus? Dan semuanya hormonal pula?
      Terkait kebobolan, bisa banyak faktor bu ummu. Tp yang jelas, kita tidak bisa mengalahkan kuasa Tuhan. Namanya juga alat buatan manusia, jd bisa saja ada faktor kegagalannya. Terkait faktor kenapa bisa gagal, sudah saya tulis sih di bagian lain.
      Terima kasih

  80. Ass.mas..sy mau tnya. Sy sdh memakai kb inflan slm 3thn dan msa wktu ny akn hbs 2 bln lg. Klu di bka tdk pda bln ny..tdk apa2kn?

  81. ass.. mas saya mau tanya saya kan pasang implan 3 thun, trus stlah psg sya g mens slama 12 blan.. trus pas blan brikutnya sya men tp lama sampe 2 minggu stlah itu sblan bsa smpe 2 kli mens. tp cma flek2 aja kira2 apa saya tidak cocok ea? atau itu wajar
    makasih.

      1. Sama kak kasus nya.istri sya sekali datang haid udah hampir 2 minggu.tapi cuma flek2nya aja……..apakah da penyakit.apkah bisa sangat gawat kak…..sya tkut aja klo ada penyakit parah kak

      2. nggak sih kak.. flek seperti itu biasa terjadi kok kalo pake alat kontrasepsi. nanti nanti juga ilang. tapi kalo terus menerus, coba periksakan ke dokter kak

  82. Saya kn skarang pkai kb implan,, udah 2 thn lbih,, trs nnti dbukanya juni 2016.. klo gk mau langsung hamil lgi gmna? Ada tips nya?? Soalnya saya udah punya 2 anak..

  83. Assalamualaikum,sy kmrn gunakan kb implan,siklus haid sy sangat terganggu,selama 3 tahun hanya 2 kali aja haidnya.trus sy sdh lepas kb implanx baru sekitaran semingguan,kira2 brp lama penyesuaian hormon untuk normal kembali dan siklus haid teratur kembali?makasih

  84. Hay aku mau tanyak saya sudah 9 bulan pakai kb implan kok saya gak pernah haid dan kuliat saya kering kering di tambah lagi kurus kenapa itu ya

    1. hay juga. coba konsul ke dokter deh. siapa tau emang pengaruh hormon sintetis dalam implantnya. mungkin kamu ga cocok pake implant. mending cabut aja kalo gitu. thanks

  85. ass.saya mau konsul ni,,,saya pake kb implan sdh 4 bulan tapi saya tidak haid dan berat badan saya naik,,,,,gimana apa saya tidak akan haid lagi….

    1. wass..
      masih akan haid kok selama belum masa menopause mah. cuman, kayaknya mbak harus cek dulu ke dokter terkait pemakaian implant tersebut. trims

  86. Asslm Pak Hadi…..mohon izin mas,,saya mau Tanya,,istri saya kurang lebih 6 minggu yang lalu pasang kb inplant/susuk..seminggu setelahnya langsung mens hingga saat ini kurang lebih 5 minggu,,istri sya rada frustasi (bisa jd efek dri mens)dg haid yg berkelanjutan dan berfikiran untuk mencabut kembali,,,,sempat berhenti sehari namun keesokannya lanjut kembali,,mohon saran pak Hadi,,trims&wasslm

    1. waalaikum salam pak Bagas.
      seperti saya tuliskan, bahwa implant itu merupakan metode kontrasepsi hormonal dimana di dalamnya tertanam hormon buatan yang turut mempengaruhi hormon alami dalam tubuh istri anda. nah, hormon buatan tersebut, jika mengalami ketidakcocokan bisa berefek terhadap beberapa hal. misalnya jerawat yang muncul, kegemukan dan lain sebagainya. terkait masa menstruasi istri anda yang cukup lama, bisa saja itu terpengaruh kadar hormon yang berubah akibat adanya implant. namun bisa juga ada faktor lain yang mempengaruhinya. bisa jadi karena stres atau frustrasi tersebut. coba bapak dan istri periksa ke dokter spesialis atau ke dokter yang memasangi implant tersebut. barangkali nanti dikasih obat sama dokternya.

      terima kasih

  87. sy punyak anak umur 1 thn…skrang umur sy 21 thn
    sejak anak sy umur 1 bln sy pasang kb implant..tpi smpek skarang terhitung 1 thn sy tdk mens sma skali…apa itu tidak apa2….
    lalu seandainya sy ingin lepas skarang sebelum wktu e d lepas apa tdk apa2…….

    1. halo Mama Arjun…
      wah, masih muda ya. sebenarnya implant itu kan hormonal, jadi bisa saja ada efek samping seperti itu.
      saran saya, konsultasikan dulu ke dokter, diperiksakan.
      untuk melepas implant, jika memang memberi efek samping negatif, tidak apa-apa kok langsung dilepas.
      terima kasih

  88. Assalamu’alaikum, mau bertanya mas, kan salah satu efek pasang implan bisa aja ngegemukin,nah ngegemukinnya itu pengaruh dari nafsu makan yang meningkat sehingga jadi banyak makan, apa tidak bnyk makan pun badan bisa jadi ngegemukin?

    1. waalaikum salam Ibu Nilam,
      di dalam implant, terdapat hormon progesteron. hormon progesteron ini dapat merangsang hormon nafsu makan yang ada di otak. dengan demikian, akan mempengaruhi nafsu makan, bisa jadi banyak, tp bisa juga jadi sedikit. kalo nafsu makannya bertambah, bisa jadi badan anda menggemuk. dan sebaliknya, kalo nafsu makannya berkurang, bisa jadi kurus.

  89. Assalamualaikum, mau tnya mas sya pasang inplan dr selesai masa nifas smpai skrg sdh 15bln blm dpt haid, 2 minggu ini ada benjolan dileher s’telah periksa k’Dr diagnosanya KGB, Dr blg slh 1 penyebabnya bisa dr perubahan hormon yang ada dlm inplan, menurut mas apa sya hrs lepas atau gmn ya solusinya

    1. Waalaykum salam
      KGB apa ya bu?
      Sekiranya implant tersebut membawa madhorot, sebaiknya dilepas saja. Diganti pake alat yg lain bu…
      Terima kasih

  90. Klo udh cabut implan tapi masih kyak ada apa itu ada beneran dan bgaimana penangannya berbahaya tidak

    1. bisa jadi ada, bisa juga hanya perasaan karena terbiasa ada implant di lengan. kalopun masih ada, segera ke bidan lagi untuk dibuka sisanya. gak terlalu berbahaya kok, hanya saja mubazir karena ga ngefek apa2.
      Demikian Mbak Dhea

  91. maaf.. saya mu tanya
    saya ini orng nya takutan
    jadi kalau implan nya tidak saya lepas meskipun suda lewat masa nya.. bole kah kitak ???
    trimakasi sebelum nya

    1. boleh saja sih, tapi sayang, udah ga ngaruh apa2. kalo ga dibuka, nanti malah makin susah karena akan tertutup sama jaringan lemak. itu yang bahaya. susah ngeluarinnya

  92. iya .. maaf sekali lagi mu tanya..
    saat proses pencabutan implan ini saya mu di bius ngk sadar sama saya ada ngk doktor yg mu kasi bius total..
    soal nya saya ini paling takut kemaren uda coba bius hanya tanggan ja tpi saya hintikan takut.. jadi lau ada doktor yg mau kasi bius total saya mau..

  93. iya .. maaf sekali lagi mu tanya..
    saat proses pencabutan implan ini saya mu di bius ngk sadar sama saya ada ngk doktor yg mu kasi bius total..
    soal nya saya ini paling takut kemaren uda coba bius hanya tanggan ja tpi saya hintikan takut.. jadi lau ada doktor yg mau kasi bius total saya mau..
    and kalau suda di lepas saya bagus nya pakai alat perancang yg ccok buat orng penakut sprti saya.. trimaksi atas waktu nya

    1. wah, repot bu kalo bius total. bius lokal saja, tapi nanti ibu merem atau tutupin mata pake kain biar ga keliatan…
      beneran, ga bakal apa apa kok.
      setau saya, ga ada dokter yang mau bius total kalo cuma pencabutan implant. soalnya anestesinya mahal

  94. alhmdllah… tdi sore pukul.. 4
    saya beranikan diri dtang sendiri ke bidan dan alhmdlla suda lepas.. trimksi atas saran yg di brikn … jdi bisa brani

  95. mas hadi.. setelah saya melahirkan saya sudah coba pakai iud, tapi saat pemasangan gagal karena saya tidak kuat menahan sakitnya. apa saat pemasangan iud bisa pakai anastesi?
    sebagai alternatif saya berniat pakai kb implan, tapi saya kesulitan menemukan tempat pemasangan kb implan. karena di dokter kandungan saya & tempat saya melahirkan tidak melayani. kira2 dimana saya bisa melakukan kb implan? dan sebaiknya dilakukan kapan pemasangannya?

    1. halo Aish,
      biasanya pemasangan IUD tidak memerlukan Anastesi kok. padahal begitu melahirkan bisa langsung pakai IUD.
      kalau mau implant, bisa di bidan praktek swasta terdekat kok. atau di puskesmas juga ada. pemasangan implant bisa kapan saja, tapi lebih baik lagi 40 hari setelah melahirkan.

  96. selamat pagi..saya mau tanya..saya pasang implan dua setengah bulan lalu..bulan pertama haid masih lancar..tapi bulan kedua ini saya tidak haid..bukan tidak haidnya yg saya khawatirkan..namun di samping itu payudara saya setiap hari sakit..nyeri kayak tanda2 pramenstruasi atau tanda2 kehamilan..atau takutnya tumor..tolong dibantu dijawab ya..yg seperti itu sering terjadi apa ngga ya..atau cuma saya aja..makasi banyak..

    1. bisa jadi itu karena perubahan hormon yang mempengaruhi payudara. akibatnya payudara menjadi nyeri. Menurut salah satu literatur yang saya baca, nyeri pada payudara ini disebut Mestalgia. cukup sering dikeluhkan pada saat pra atau pascamenstruasi. tapi untuk memastikan sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis saja.

  97. selamat pagi..saya mau tanya..saya pasang implan dua setengah bulan lalu..bulan pertama haid masih lancar..tapi bulan kedua ini saya tidak haid..bukan tidak haidnya yg saya khawatirkan..namun di samping itu payudara saya setiap hari sakit, kira2 udah semingguan ini..nyeri kayak tanda2 pramenstruasi atau tanda2 kehamilan..atau takutnya tumor..tolong dibantu dijawab ya..yg seperti itu sering terjadi apa ngga ya..atau cuma saya aja..makasi banyak..

  98. subscribe nya gmana ya caranya? kok suruh bikin wordpress..saya coba2 ngga bsa..saya ngga tau prtanyaan saya udah ditanggapi apa blm ya?

    1. Mohon maaf baru bisa saya tanggapi. beberapa minggu ini lumayan sibuk, jadi harap sabar ya kalo belum dijawab. jadi apa yang mbak alami itu namanya mestalgia, banyak dikeluhkan oleh perempuan pada saat pra atau pasca menstruasi. hal itu terjadi karena adanya perubahan hormon yang secara tidak langsung mempengaruhi payudara. tapi untuk memastikan apakah itu mestalgia atau bukan, sebaiknya diperiksakan ke dokter.
      terima kasih mbak mega sudah mampir🙂

  99. siang mba, mau tanya
    bulan juni tgl 28 saya pasang KB Implan. setelah selesai pasang Implan, haid saya mulai keluar sampai sekarang. yg ingin saya tanyakan :
    * bahaya dari haid terus menerus
    * efek samping
    Mohon penjelasannya.
    thx
    shintia, Ambon

    1. halo mbak sintia di Ambon. terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.
      bahaya haid terus menerus bisa mengakibatkan anemia, dan tentu saja mengganggu aktivitas jika pada saat haid anda mengalami nyeri di bagian perut.
      efek samping KB implant ini bisa mengakibatkan perubahan hormon tubuh yang dapat mempengaruhi berat badan. haid mungkin menjadi tidak teratur. dll (terkait efek samping implant, bisa dibaca di salah satu artikel di blog ini).
      terima kasih

      1. sore mba, maaf baru sempat bls krn blakangan agak sibuk.
        Haid saya berhenti tgl 28 Agustus. Tapi tgl 03 oktober keluar lg sampe sekarang.
        kira” itu bgmn y, saya jd bingung.
        mohon info lanjutnya
        thx

        shint

  100. Assalamu alaikum r.wb
    Sy mau nanya ni Mas, umur sy 26 tahun, thn 2013 blan April sy pasang implan untuk 3 tahun, belum genap 3 tahun (tepatnya 2 thn 6 bln) sy mau cabut karena pengen cepat2 hamil lagi, tp byk yg blg efek hormonnya masih ad mpe 6 bulan gitu, sy mau nanya apa betul kaya gitu yahhh? Pdhl pengen deh cpat2 hamil lg.. Kira2 menurut anda brpa lama proses akan terjadi kehamilan stlh pencabutan implan dilakukan?

    1. waalaikum salam wr wb.
      betul ibu, ketika menggunakan sistem KB hormonal, maka kesuburan tidak segera kembali seperti halnya menggunakan KB IUD atau kondom. perlu beberapa waktu agar kesuburan kembali. lama waktunya bervariasi.

      1. Bisa disebutkan dengan angka gak mas kira2 brpa lama mengingat saya punya tingkat kesuburan yg baik (mohon maaf). Jikalau mmg lama kira2 apa yg harus sy lakukan utk menormalkan kembali hormon tsb. Bdw tadi sy sudah melakukan up implan tsb dan efeknya perut sy terasa perih (rasanya spt makan cabe sebaskom) hehehe.. apa mmg spt itu reaksi dr cabut implan??

  101. Mat mlm pak. .mau tanya ni pak. .2 thn yg lalu saya pkai inplant gk dog bln selma 2thn tapi badan biasa gk gemuk gkkurus. ..lepas tu saya bongkar langsung pasang lg yg 3thn sekrg dah bergen 1 thn yg ingin saya tanyakan kenapa setlh 1 thn dlm 1bln bb saya naik 2kg. .apa itu karna pengaruh dr kb inplan. .mksh and mat istirahat

    1. ibu listio rini, mohon maap pertanyaannya agak kurang bisa dimengerti karena terlalu banyak singkatan. tapi saya simpulkan, anda mengalami kenaikan berat badan, ya?
      jadi kenaikan berat badan itu terjadi karena banyak faktor, bukan hanya karena pemasangan implant saja. apalagi melihat riwayat sebelumnya anda tidak mengalami masalah penambahan berat badan karena implant. pada usia di atas 20an, berat badan akan mudah berubah. kenaikan berat badan bisa diakibatkan karena banyak faktor, misalnya stress. atau karena nafsu makan yang meningkat dan tidak diimbangi dengan olah raga. terima kasih

      1. Mat sore pak hadi. .seblm nya saya minta maaf karna tulisanya bisa Di bilang gk jelas. ..gk sadar saya klo byk yg salh. …btw mks byk penjelasanya. ..

  102. maaf ni pa sya mau tnyaa sya drina umr sya 19th ,abis lahiran brat bdn sya 41nah stelah itu sya mnggunakan Kb suntik yg 3bln skali,namun smakin hari kesini kesini nya brat bdn sya smakin mnurun dr yg tdinya 41mnjdi 36 stlah itu sya cba ikut Kb implan namun msih sama brat bdn sya kecil mlah mnjdi 35pula,apa yg hrus sya lakukan?? apakah karna sya sdan mnyusui atw gmna,smpe skrg brat bdn mnrun trus tdk haid,mhon tlg d jwb yaa pliss sya susah bwt ktmu dr.kndungan y,sya blm siap klo hml lg.mhon ya paa mhon d jwb.sblm y trimakasih ..

    1. halo Drina.. masih muda sekali ya, udah melahirkan. menikah di umur berapa?
      tentang berat badan yang makin menurun, menurut salah satu literatur yang saya baca, penggunaan KB hormonal (suntik, implant, pil) bisa saja berpengaruh terhadap berat badan. salah satunya makin memperkurus berat badan.
      solusinya, anda segera menghentikan pemakaian suntik/implant tersebut, dan beralih ke KB non hormonal (bisa IUD, atau kondom suaminya). kemudian faktor asupan gizi juga harus diperhatikan pada saat menyusui seperti sekarang. terima kasih

      1. Asalamungalaikum pak…saya nurma ibu 1 anak..1 minggu yang lalu saya habis copot implan..dan masih ada potongan implan yg trtinggal..prtanyaanya..apakah bila di biarkan saja bisa brbahaya..dan apakah masih ada pengaruhnya..trmksih pak..mohon jwbnya..

      2. waalaikum salam bu Nurma
        sebaiknya ibu nurma kembali lagi ke Bidan/Dokter yang menolong pencabutan implant tersebut. khawatir ada efek medis lainnya. terima kasih

  103. Salam kenal pak…saya kb implant dan baru ini pake kb..sebelumnya tdk pernah. Saya pasang d puskesmas tadinya saya niat pake IUD tpi ternyata tidak bisa katanya bidannya rahim saya terlalu dekat jadi d sarankan pake implant aja. Yg ingin saya tanyakan..IUD itu tidak semua org bisa d pasang ya pak? Trus impant hr ketiga pemasangan bengkak kebiru2an dan ada sedikit2 bercak2 darah d dlm kulit apa itu tidak akan apa2 sakit gk begitu…apakah perlu kontrol setelah d pasang..soalnya wkt d pasang sya tdk d saranin kontrol hanya jgn kena air sarannya bu bidan…mf klo pertanyaannya bikin bingung.trims

    1. salam kenal Afni
      mengenai IUD, memang pada sebagian perempuan tidak bisa dipasangi IUD sebab rahimnya pendek. kemungkinannya, mbak juga memiliki rahim pendek. biasanya IUDnya harus menggunakan IUD khusus, harus pesan dulu ke dokter (jika ada dokter yang buka praktek dan membuat IUD). mengenai implant, bengkak kebiru-biruan itu mungkin sedikit reaksi dari perlukaan pada saat pemasangan implant tersebut. tidak akan apa-apa kok. sama kayak abis diambil darah, suka kebiruan gitu. dua tiga hari juga akan hilang. tidak perlu kontrol dulu, cukup diikuti saja saran bu bidannya. kecuali jika bengkaknya terus berlangsung lama, itu harus dikontrol. terima kasih

  104. Maaf pa sya ibu 1 anak..1 bulan yang lalu saya habis mencopot implan..tpi msih ada sdikit potongan implan yang tertinggal..apa kah bila di biarkan bisa brbahaya dan apakah masih ada efeknya…mohon jwbnya .sblmnya trimaksiih pak…

  105. slmt pagi,assalamualaikum bapak hadisome,mhon bantuan atas keluhan saya,saya zie 23thn tpat 2009 lalu sya menggunakan kb implant stlah melahirkan slang 2hri,dan sekarang msh blm saya lepas kb implantnya,tpatnya 1bln kemaren sya melakukan hbungan intim stlah 1hri slsai menstruasi,apakah saya bisa hamil,bapak?krna saat ini saya sudah telat 3hri.mohon pnjelasannya.terimakasih assalamuallaikum

    1. waalaykum salam wr wb, Mbak Zie.
      implant yang mbak pakai itu masa pakainya yang berapa tahun? 3 atau 5 tahun?
      sepertinya implant tersebut sudah tidak lagi berfungsi sebagai kontrasepsi ya, mengingat masa pakainya sudah habis. Hal ini mengindikasikan bahwa hormonnya sudah tidak ada, sehingga tidak lagi mempengaruhi kondisi rahim. Artinya bisa saja anda hamil, mengingat implant yang anda pakai sudah tidak ada hormonnya. sebaiknya implantnya dicopot saja, dan jika hasil test kehamilan menunjukkan anda tidak hamil, segera diganti dengan implant yang baru.
      Terima kasih

  106. maff imbak sya mau tanya, istri sya memakai kb susuk dan bulan lalu udah habis masa pakainya, terus belum di cabut, terus kmi berhubungan apakah istri sya bsa hamil dok …!!!

  107. Assalamu’alaikum. Maaf mas mau nanya, kenpa ya pada saat pemasangan implan tiba tiba implan hilang satu. Apa kah itu berbahaya? Karena jika tertimbun lemak itu tidak mungkin karna baru pemasangan sehari. Dan ibu tidak terlalu gemuk. Bagaimana menanganinya? Apakah implan itu bisa berjalan jalan. Saya takut berbahaya

    1. waalaikum salam
      hilang satu? mungkin dislokasi/bergeser? sudah diperiksakan belum?
      sepengetahuan saya, implant tidak bisa bergerak sendiri. cara menanganinya coba diperiksakan dulu untuk mengetahui keberadaan implannya. ke dokter obgyn atau ke bidan yang sudah terlatih.
      trims

  108. assalamuallaikum,sy mau tanya dok,memakai implan terllu lma slama 10thun ,apa bener membuat kandungan kering dn sulit punya anak lg?dn smpai skrang sy msih memakai implan apakh hrs sy lepas atw ganti kb yg lain jk sy blm mau pnya anak.seblm x sy ucapkan trimakasi…..wasalam

    1. implant yang terlalu lama sudah tidak berpengaruh lagi, sebaiknya dilepas saja dan diganti yang baru, atau berganti cara menggunakan KB IUD. terima kasih

  109. assalamualaikum, saya mau cerita sedikit dulu sy memakai implant sudah 2,5 tahun. akhir-akhir ini menstruasi tidak teratur tiga bulan baru mens dan darah mens keluar selama 3 minggu. Setelah sudah berhenti klau saya habis hubungan intim dengan suami dari vagina saya keluar cairan yang berwarna coklat muda seperti keputihan dan rasanya gatal tetapi kalau tidak hubungan intim tidak keluar cairan tersebut. yg saya tanyakan apakah ini pengaruh dari Kb implant atau saya punya penyakit lain. Mohon penjelasan trima kasih.

  110. Siang mas,saya pernah pakai kb suntik 1 bulan selama setahun lalu saya tidak kb lagi selama 2 th tp saya tidak kunjung hamil,akhirnya saya memutuskan untuk pasang implant (3thn) lalu sebelum 3thn (kurang dari 2thn) tepatnya 2bulan yg lalu saya mencabut implant nya,pertanyaannya apakah saya bisa hamil lagi dgn cepat? Karna saya dan suami sudah sangat menginginkan kehadiran anak ke dua mengingat anak pertama kami sudah berusia 8thn.. trim

    1. wah kalau pengen segera punya anak seharusnya kemaren tidak perlu di KB dulu bu. apalagi KB hormonal macam implant atau suntik.
      nah sekarang ibu sudah mencabut implantnya, artinya tinggal menunggu saja. mudah2an tidak sampai satu tahun, kesuburan ibu segera kembali.

      terima kasih

  111. Dok saya mau tanya ..saya kb implan sudah hmpir 2 th ..saya mau copot implan s3baiknya di copot sebelum haid apa sesudah haid??? Trus setelah itu masa penyembuhanya berapa minggu?? Terimakasih seblumnya.

  112. mo curhat seputar implan.,, stelah kelahiran anak ketiga, istri saya pasang implan untuk 3 tahun dan pada bulan desember kemaren yang brrti genap 2 tahun pemasangan. tp mendadak istri saya mengeluh g haid selama hampir 1 bulan pdhl biasany 2 minngu skali dan badan rasany aneh.inisiatif beli testpack dan deegggg,,, ternyata hasilny positif., pertanyaannya adalah apakah mungkin istri saya hamil dan apakah penyebabny? kemudian apakah ada payung hukum untuk peserta KB gagal mengingat bnyk skali pertimbangan jika memang benar2 hamil lagi untuk harus tambah momongan lg, mohon d jawab lewat email jagad_elang@ymail.com makasih.,,,,

    1. secara teknis, implant ini akan merilis hormon sintetis untuk mempengaruhi kondisi rahim dan sel telur. jadi pada saat sperma berada di dalam rahim, akan mengalami kesulitan untuk mencapai sel telur karena area rahim menjadi lebih ‘kental’. Meskipun area lendir rahim kental, namun sel sperma tidak mati. dia akan tetap bergerak menuju sel telur. bisa jadi salah satunya menembus sel telur. sehingga, sel telur yang seharusnya tidak tertembus dan meluruh, malah dibuahi. sederhananya sih seperti itu. kegagalan seperti ini sangat jarang sekali.
      untuk memastikan kehamilan atau tidaknya, sebaiknya diperiksakan ke dokter kandungan.
      payung hukum kegagalan kontrasepsi, saya belum mengetahuinya pak. nanti saya coba cari informasi dulu ke BKKBN.
      terima kasih

  113. Salam kenal mas… sya angga, sya mau tanya istri sya ikut program kb suntik 1 bulan skali. Trs di tawarin dri puskesmas untk ikut implan, setelah it gk ad masalah, pas tgl 26 november 2015 istri saya haid dan smpe sekarng gk kunjung berhenti, lalu periksa kembali di puskesmas trsebut.. dan dkter yg memasang implan bilang it hanya efek sampingnya dan itu bisa berjalan smpe 6 bulan, yg ingin saya tanyakan apakah benar begitu efek dr implan? Dan apakah tdk berbahaya? Terimakasih.

    1. betul Pak..
      salah satu efek samping implat adalah seperti itu.
      ini saya kutipkan efek samping implant
      Efek Samping
      Gangguan pola Haid :
      Tidak haid
      Pendarahan yang tidak lama
      Kemungkinan infeksi pada bekas luka pemasangan
      Perdarahan
      Siklus menstruasi lebih panjang
      Rambut rontok
      Jerawat

      1. Pagi dok,saya mau tax apakah ada efek sampingx jika awalx pakai KB suntik 3 bulan tapi sebelum selesai 3 bulan baru 1 bulan masa KB suntikx sdh memutuskan untuk pasang implan,apakah tdk berpengaruh dalam rahim takutx jgn sampai krn pakai KB yg tumpang tindih begitu malah menghambat kehamilan nantix?
        Karna saya demikian dok sya langsung memutuskn pasang implan krn z pakai KB suntik yg 3 bulan kulit sy berjerawat dan kusam,yang menjadi kekhawatiran saya karna semenjak saya pasang implan bulan januari kemrin sampai sekarang sy belum juga haid,yang saya takutkan jangan sampai ada penyakit krn tidak haid,bagaimana menurut dokter?

      2. halo lastri
        saya bukan dokter ya, hanya mantan penyuluh KB saja hehe
        sebaiknya pasang implant setelah selesai masa suntiknya. karena kan sama2 hormon.
        nah untuk haid yang tidak teratur, memang ada kemungkinan efek samping seperti itu, karena implant tersebut bersifat hormonal yang dapat mempengaruhi masa haid.
        tapi tidak semua terlambat haid karena alat kontrasepsi bu.
        ada banyak faktor yang menyebabkan haid terlambat, bisa dibaca di sini
        https://tentangkb.com/2015/09/03/telat-menstruasi-jangan-dulu-salahkan-alat-kb-bisa-jadi-karena/

  114. ass,mlm dok,sy mau tanya,sy pakai kb implan baru 2 bln,tp akhr2 ini sy sering merasa haus apa lg saat mlm,bdn jg sering lemes,meriang,pusing,mual2,dan ga nyaman,sy udah coba ke dktr,tes gula darah sy normal,tensi normal,tdk ada penyakit apapun,apakah ini efek dari pemakaian implan dok? trmksh atas penjelasannya.

  115. Maaf pa sya mau tnya. Sya psang implan 1 thun stengah dan uda d cabut. Uda stu blan g pke implan atua KB apapun tp sya blmmens jga sdgkan sya pgn hmil lgi.gmna tuh solusi y ? Trimakasih sbkm y

    1. pada dasarnya implant adalah hormon sintetis, jd efeknya bisa saja setelah dilepas, efeknya masih ada.
      coba ditunggu saja bu. kalau misalnya belum ada perkembangan, sebaiknya menghubungi dokter terdekat. terima kasih

  116. Halo mas hadi… 1bln yg lalu saya lepas kb implan, karena sdh tdk cocok lg (sdh 3 minggu mens nya ga berhenti), padahal habisnya bln 12 nanti. Yg jd masalah setelah lukanya sembuh saya baru sadar spertinya ada implan yg tertinggal kira2 1cm, yg ingin saya tnya:
    1. Apa aman kalau mau punya anak lagi, mengingat masa efektif implan sampai bln 12 nanti.
    2. Kalau implan yg tertinggal (1cm) tidak dibuka apa kira2 berbahaya ga bagi tubuh. (ga mau disilet lg lengannya). Trims.. mohon pencerahannya

  117. Selamat siang ibu,saya sudah pasang KB implant,tapi berat badan saya semakin turun dan tidak haid,padahal sebelum pasang saya gemuk. Pengaruh apa yach.

  118. Halo mas. Sy mau tanya. Saya baru saja dua hari yg lalu pasang implan. Lalu stelah sy pasang. Muncul gatal2, merah dan terlihat spt bekas gigitan nyamuk. Muncul d seluruh tubuh, d betis, paha, lutut, lengan, leher, bahkan d jari2 tangan sy juga ada. Terasa sangat gatal, tapi beberapa jam kemudian, gatalnya hilang dan pindah ke tempat lain. Apa ini efek dr pemasangan impant?? Apa sy harus melepas implant yg baru sj sy pasang? Atau adakah obat yg bisa sy konsumsi untuk menangani gatal2nya? Mohon penjelasannya n makasih.

  119. Ass,,,slamat siang ms. Sya iche post partum selng 2buln sya pake implan (12-12-2015) sejak itu tidk tertur selang 2hri kluar stelah itu g,.kadng hnya flek aj.hnya dalm sminggu,,. setelh itu sya tidk ada haid lgi.skarang sudh 3buln tidk haid apkah sya bsa hmil,,. ?? sudah Tp tpi stripnya samar g jelas,,..apkh kb sya gagl??? mohon penjelasnnya. Trimakasih,,.

  120. Mlm mas ni saya mw tanya.say ikut kb susuk dh 17 bln tpi ps 15 buln tu nda haid lh ni dh 2bln ful haid keluarnya kadng sedikit kadang banyak.trus tu berrti cocok nda y??? Masalahnya ni kasihan si suami trimakasih

    1. apakah ada keluhan lain bu?
      untuk efek haid menjadi tidak teratur, bisa saja terjadi. mengingat implant ini hormonal dan dapat mempengaruhi siklus haid.
      untuk lebih jelasnya, konsultasi ke dokter/bidan yang memasangi implant tersebut. trims

  121. saya mau tanya kam saya pasang kb kemarin hari kamis n bisa di pakek berhubungan itu berapa hari ya mbak?

    makasih so. ale hari sabtu n snn udah di pakek berhub, n bisa hamil gak?

  122. maaf pak..saya eva..
    saya br pasang imflant br 5 bulan..baru2 ini saya lepas karena saya pengen hamil..apakah saya bisa langsung hamil…

  123. . Saya mau tanya nih pak,,
    . Saya kan pasang implant yg 3 thn
    . Jarumnya 2
    . Eh pas udah di pasang sekitar 1 minggu
    . Jarum yg 1 nya keluar,,
    . Terus di cabut deh
    . Sekarang cuma 1 jarumnya
    . Apakah itu masih bisa berfungsi….??

  124. saya ibu 2 anak sudah ke3 x pakai implant,ada beberapa hal yg mau saya tanyakan pak,
    pertengahan desember 2015 lalu saya buka implant setelah hampir 3thn ( april 2013 – april 2016 ),karna saya dan suami ingin punya anak lagi yg ke 3,tapi satu dr kapsul implannya blm tercabut.
    sampai sekarang saya blm hamil juga ya pak? apakah pengaruh karna 1 kapsul yg masih tertinggal itu ya pak,mohon informasi dan sarannya ya pak,Terimakasih

    1. kalau bisa ibu coba datangi dokter spesialis untk membuka satu batang implant lagi
      terkait belum hamil hingga saat ini, memang ada pengaruh dari hormon pada implant. nah saya tidak tahu apakah implant yang ibu pakai ini, implant tiga tahunan atau lima tahunan. kalo tiga tahun, artinya hormonnya sudah habis dan tidak ada pengaruh apa apa. tapi, memmang menurut literatur yang saya baca, kesuburan setelah implant dicabut, baru akan kembali setelah tiga bulan (minimal).

      Terima kasih

  125. hay dokk…. saya habis melahirkan kira2 sudah 5bln, tapi saya belum pakai pengaman iud/iplan,karena takuk pengaruh sama asi saya,,, dan sampai sekarang saya belum haid,, kenapa ya dok, tlng penjelasannya?? trimmm

    1. selama masih menyusui ASI eksklusif, tidak ada haid adalah hal yang wajar bu. kalo dalam KB ada istilah Metode Amenorea Laktasi, penjelasannya kira kira sebagai berikut: ketika seorang ibu menyusui bayinya, sang bayi akan mengisap ASI dari ibunya. Isapan bayi tersebut akan memicu keluarnya hormon prolaktin. Hormon prolaktin inilah yang memicu keluarnya ASI dan menekan keluarnya hormon yang mempengaruhi terjadinya ovulasi atau pengeluaran sel telur. Jika tidak terjadi ovulasi, maka kemungkinan hamil pun tidak ada.

  126. maaf saya seorang suami saya ingin punya anak setelah istri saya memakai implant selama 3th dam sudah dicabut usia kami 25th bagaimana saranya…

    1. sarannya coba dihitung masa subur istrinya pak.
      cara menghitung masa subur sudah pernah saya tulis di blog ini. silakan disearch aja.
      masa subur seorang perempuan biasanya 1 minggu sebelum mens. pada saat2 tersebut, frekuensi hubungan dengan istri sedikit ditingkatkan saja.
      selamat mencoba🙂

  127. Salam kenal dokter….mau konsiltasi nih, usia sy 46 thn , 3 thn yll saya kb implan…tepatnya awal mei ini implant sy cabut , pas mau pencabutan dokter lakukan USG dan hasilnya rahim saya bersih artinya tidak ada kehamilan, selang seminggu kmdn kami ĺakukan hubunga n dg suami, seminggu lagi hubungan lg dg suami dg pakài kondom ….tp kenapa ya sampai saat ini kok tdk menstruasi…..pertanyaan saya apakah saya bs hamil atau terjadi perubahan hormon shg susah mens, mens terakhir bln awal april dok…..mengingat usia saya sdh tua dok….shg saya khawatir kalo sampai hamil…..kan resiko tinggi dok…..mohon jawabnya dokte terima kasih

    1. salam kenal bu Umi.
      pertama2, saya bukan dokter ya, saya ini pegawai bkkbn yang pernah menjadi penyuluh KB selama enam tahun.
      untuk usia seperti ibu, kemungkinan terjadi seperti itu sangat mungkin sekali. karena pada beberapa perempuan, ada yang menopause lebih cepat.
      masa-masa menjelang menopause biasanya haid menjadi tidak teratur, bisa dua sampai tiga bulan sekali dan akhirnya berhenti sama sekali.
      untuk mengetahui hamil tidaknya sebaiknya periksa ke dokter saja bu…
      tapi saya kira telat haid tersebut bukan krn hamil kok. bisa jd ada kemungkinan jelang menopause.
      tp untuk meyakinkan diri, sebaiknya konsultasi ke dokter kandungan.

      salam

  128. Assalamu’alaikum wrwb…
    Slm knal mas hadi,,, ne eka ibu dr 2 anak, ank 1 skrg berusia 5,5 thn n ank 2 berusia 3,5 thn…
    3 thn y lalu saya pake kb implant 2 tuk 3thn, insyaAllah bln dpn dah bs buka…
    Y ingin saya tanyakan, apakah jika saya buka implant@ nti truz langsung bs saya pasang ge??, krna saya udah terlanjur nyaman dgn kb ne, saya uga blm ciap tuk pnya ank ge,,, truzzz klo saya pasang ge pa da efek@??,,, mengingat usia saya skrg 30thn
    maaf pak,,,tnd tnd menopouse tu gmn ya pak???
    Saya mohon pencerahan@ mas hadi,,, klo bs tlg diemail ya mas,,, ekhayantis@gmail.com

    Sblm n ssdh@ saya ucapkn bnyk terimakasih…

    Salam kenal eka

    1. halo bu eka. maaf komennya baru ketemu. masuk ke folder spam sepertinya.
      bisa kok setelah dibuka langsung dipasang lagi. efek sampingnya ya sama saja seperti yang sudah saya tuliskan di artikel bu.
      tanda-tanda menopause coba dilihat di sini http://tandatandamenopause.com/
      tapi usia 30 mah masih jauh ke menopause atuh. tenang saja

  129. Assallamu’alaikum.
    Saya Ria usia 26 th. O iya mau tanya. Saya memakai kb implant udah sekitar 1,4th. Karna berat badan saya tambah kurus, akhirnya saya lepas. Ternyata implantnya yg bisa di lepas hanya 1 dan yg 1-nya ternyata pada saat pemasangan itu masangnya terlalu dalam hingga ke daging. Bagaimana menurut anda??
    Terimakasih.

    1. menurut saya, harus ke dokter ginekologi bu. minta bantuan supaya implantnya bisa dilepas. kalopun ada kesalahan pada saat pemasangan (malpraktek), ibu bisa menuntut, karena seharusnya implant dipasang pada jaringan subkutan (dibawah kulit, diatas daging)
      terima kasih

    1. menurut informasi yang saya baca, apabila memasang KB implan saat menstruasi maka Anda bisa menunggu 1-2 minggu paska pemasangan untuk melakukan hubungan intim. Jika Anda terpaksa berhubungan intim kurang dari 2 minggu paska pemasangan maka menggunakan kondom lebih dahulu sebagai upaya pencegahan.

      terimakasih

  130. Malam pak.
    Saya pake implan sudah 4 Bulan, dan selama 4 Bulan juga saya haid belum berenti ke siklus haid normal saya. Saya juga sering merasakan sakit kepala mendadak, rambut rontok & sangat tidak bergairan saat melakukan hubungan badan dengan suami.

    Menurut bapak saya harus bagaimana??

  131. mau tanya… saya sudah pasang implan 2kali,,. bln ini wktunya dibongkar… pertanyaannya,kalo misal pasang lagi bahaya g y..??? maksimal smp berapa kali y..??? trimakasih…

    1. tidak kok bu, kalo memang berencana benar2 tidak ingin punya anak lagi.
      tapi kalo ada rencana punya anak lagi, sebaiknya ganti cara dulu ke alat non hormonal. misalnya IUD atau Kondom.

  132. Ass
    saya berumur 25 tahun saya mau tanya ?
    saya sekarang memakai implan tapi tinggal 1 bulan lagi da habis masanya!apa bisa setelah di lepas langsung pasang lagi?

  133. Mas hadi saya mau nanya.saya waktu itu dipagi hari memasang kb implan dan siangnya haid saya datang.saya melakukan hubungan suami istri 12 hari setelahnya.itu sudah sesuai belum mas? Satu lagi mas baru 1 minggu saya masang implan tapi implan itu sudah begeser dan hanpir bersentuhan satu sama lainnya itu apakah mengurangi efektifitasnya mas? Mohon djawab y mas

    1. sudah sesuai kok Mbak Febri.
      kok bisa bergeser ya? coba diperiksakan lagi ke dokter yang memasangnya. sepertinya kalo hanya berdekatan, tidak masalah kok bu. tetap efektif mengeluarkan hormon.
      sekian

  134. Siang mas..
    Sya mau tnya apa pasang implan itu bisa naik bb ga yaa??? Soal’nya rada takut klau bb smpai naik… niat mau pasang tp ragu krna takut mslah bb itu… mohon blsan yaa mas… mksih…

    1. halo Zakiah
      implant bisa saja mempengaruhi berat badan. bisa naik, bisa juga ngga. karena implant ini kan mengandung hormon buatan, nah hormon ini bisa saja mempengaruhi siklus hormon di dalam tubuh yg berefek terhadap nafsu makan yang meningkat.
      tapi, selama kamu rajin olah raga sih, kayaknya nggak masalah ya. dikontrol saja pola makannya.
      demikian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s