Alat kontrasepsi pilihan anda bagian 2

Sebelumnya, saya sudah memuat tulisan mengenai alat kontrasepsi pilihan anda yang terklasifikasi dalam metode kontrasepsi jangka panjang. Termasuk didalamnya adalah Vasektomi, tubektomi, IUD dan Implant (susuk).

Pada bagian kedua ini, saya akan mencatatkan untuk anda para pembaca sekalian mengenai metode kontrasepsi jangka pendek. Selamat membaca.

*****

^ Pil KB

Merupakan suatu metode kontrasepsi berbentuk pil/tablet didalam strip yang berisi gabungan hormone estrogen dan progestin, atau hanya progesterone saja. Setiap strip pil KB berisi 21 buah atau 28 buah.

Cara kerja pil KB ini adalah mencegah lepasnya sel telur perempuan dari indung telurnya, mengendalikan ledir mulut rahim sehingga sperma tidak dapat masuk ke dalam rahim, serta menipiskan lapisan endometrium.

Cara meminum pil KB, anda bisa membaca disini karena sudah disajikan dengan lengkap oleh seorang penulis kompasiana, Mbak Julie.

pil kb(salah satu metaode kontrasepsi, pil KB – dok.pribados)

Pil ini termasuk obat kontrasepsi, bukan alat! Seperti yang lain, pil memiliki kelebihan serta kekurangan. Kelebihan dari metode pil ini adalah tidak mempengaruhi produksi ASI pada pil yang mengandung progesterone saja, dari istilah yang saya dengar disebut juga pil progestin only. Mengurangi rasa sakit ketika haid, dapat mencegah kehamilan diluar rahim, kanker rahim dan juga kanker payudara. Cocok dikonsumsi pasangan usia subur (PUS) muda yang baru menikah namun ingin menunda kehamilan karena tuntutan karir.

Sedangkan kelemahan metode ini adalah: tidak cocok bagi anda yang pelupa atau tidak memiliki disiplin yang tinggi. Lupa satu hari saja bisa berakibat fatal, ‘kebobolan’ punya anak lagi. Tidak cocok bagi perempuan diatas usia 30 tahun karena akan mengganggu keseimbangan metabolism. Mengarungi pasokan ASI jika yang dimminum adalah pil kombinasi estrogen dan progesterone. Dapat meningkatkan infeksi jamur disekitar kemaluanm serta pendarahan/spotting diantara masa haid.

Penting untuk anda ketahui, yang sedang menyusui, punya riwayat sakit jantung, tumor ganas, lever, stroke, varises dan darah tinggi agar tidak menggunakan Pil KB karena pil merupakan obat yang mengandung hormone yang bisa mengganggu metabolism didalam tubuh anda yang memiliki riwayat seperti yang saya sebutkan.

^ Suntik KB

suntik KBmetode kontrasepsi yang sudah populer – dok.pribados

Metode KB dengan cara disuntikan ke bokong, mengandung hormone estrogen progesterone , bisa dipilih yang 3 bulan atau 1 bulan.

Kelebihan KB suntik ini adalah dapat digunakan oleh segala usia  yang termasuk dalam kategori wanita usia subur. Sedangkan kelemahan atau kekurangan metode ini, sama seperti pil memerlukan kedisiplinan yang tinggi, tidak praktis karena harus bolak balik ke tempat pelayanan KB secara rutin, lebih boros jika dilihat dari sisi ekonomi, kemudian anda akan merasakan mual-mual dibulan pertama pemakaian, terjadi spotting/bercak darah diantara masa haid, serta sakit kepala dan nyeri payudara yang diakibatkan ketidakcocokan hormone dengan tubuh anda. Masa kesuburan akan kembali setelah suntikan dihentikan yakni antara 6 hingga 18 bulan.

Bagi anda yang diduga hamil, atau wanita berusia 35 tahun keatas yang merokok aktif, atau memiliki riwayat jantung, tumor ganas, stroke,lever, darah tinggi dan kencing manis, tidak dianjurkan menggunakan metode KB suntik sebagai pilihan. Metode IUD akan lebih cocok karena tidak menimbulkan efek samping.

*****

Jadi sekarang pengetahuan kita sudah bertambah, bukan? Jika anda turut perduli dengan saudara-saudara kita yang masih memiliki keterbatasan akses dan pengetahuan tentang metode KB, bisa diberi tau oleh anda setelah membaca tulisan ini dan juga tulisan sejenis lainnya.

Selamat berbagi…….

Salam

Hadi-Cianjur

Iklan

3 thoughts on “Alat kontrasepsi pilihan anda bagian 2

  1. siang pak / ibu saya punya teman usianya di bawah 24 tahun ( masa subur ) baru melahirkan. dia minta suntik kb sama bidan di tempat tinggal nya tapi bidan tersebut tidak menyarankan untuk suntik kb tapi oral sementara dia muntah muntah kalau minum obat kb oral. pertanyaan saya kenapa usia di bawah 24 tahun tidak di sarankan untuk suntik kb oleh si bidan tersebut, sementara dari statment diatas suntik kb dapat digunakan pada semua uisa. dan karena teman saya muntah muntah minum pil kb, si bidan tersebut untuk meyarankan kb sendiri, sehingga teman saya itu hamil lagi.

    1. mungkin bidan punya alasan khusus sehingga teman anda tidak boleh disuntik. bisa dibaca lagi, kenapa seorang tidak boleh disuntik pada bab lain tulisan saya…
      trims

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s